Kamis , 10 August 2017, 10:15 WIB

Kraft Heinz Gandeng Oprah Winfrey untuk Mendorong Penjualan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
AP/Elise Amendola
Oprah Winfrey (file photo)
Oprah Winfrey (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kraft Heinz Co sedang berjuang untuk memicu pertumbuhan penjualan di tengah persaingan industri pangan yang cukup ketat. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut yakni dengan menggandeng presenter terkemuka Oprah Winfrey untuk mempromosikan produk terbaru.

Winfrey memiliki peran penting di Weight Warchers International Inc, karena dia telah membeli saham di perusahaan tersebut dan sepakat untuk menjadi brand ambasador bagi produk terbarunya. Winfrey akan menjadi ikon untuk produk makanan sehat yang dibuat dengan bahan-bahan organik dan tanpa perasa tambahan. Produk ini rencananya akan keluar di pasaran pada Oktober 2017.

Produk baru yang akan dijual tersebut bermerek O, That's Good!. Produk ini merupakan makanan sehat yang mudah dikonsumsi sehari-hari, seperti kentang tumbuk dan sup cheddar brokoli. Kraft Heinz berharap, ditunjuknya Winfrey sebagai brand ambassador dapat memicu pertumbuhan penjualan.

"Saya menyukai makanan sehat, ketika Kraft Heinz mengajak saya, yang menjadi perhatian adalah mereka membuat makanan bergizi dan mudah diakses oleh semua orang," ujar Winfrey dilansir Bloomberg, Kamis (10/8).

Kraft Heinz belum mencatatkan pertumbuhan penjualan sejak perusahaan tersebut melakukan merger dengan 3G Capital dan Berkshire Hathaway Inc pada 2015. Hal yang sama juga dialami oleh perusahaan makanan lain di Amerika Serikat yang rata-rata menurun hampir 16 miliar dolar AS dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Penurunan ini disebabkan oleh adanya perubahan pola makan di masyarakat yang kini mengedepankan makanan sehat, dan bergizi.

Melihat perubahan pola konsumsi tersebut, Kraft telah mencoba untuk memperbarui portofolionya dengan menambahkan produk Capri Sun organik dan menghilangkan bahan-bahan buatan untuk produk Oscar Mayer.

Pada Januari 2017, Kraft Heinz telah bekerja sama dengan Winfrey untuk mengembangkan produk makanan beku yang bergizi. Sejak kerja sama tersebut, saham di perusahaan Weight Watcher melonjak sebesar empat kali lipat. Lonjakan ini didorong oleh iklan Winfrey yang menunjukkan bahwa dia berhasil menurunkan berat badan melalui program dietnya bersama produk dari Weight Watcher.