Senin , 17 July 2017, 08:45 WIB

Tersangkut Skandal Keuangan, Adik Presiden Iran Ditahan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
wikimedia.org
Hossein Fereydoun yang merupakan adik Presiden Iran Hassan Rouhani.
Hossein Fereydoun yang merupakan adik Presiden Iran Hassan Rouhani.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Pihak kepolisian Iran menahan adik dari Presiden Iran Hassan Rouhani karena tersangkut skandal keuangan. Hal itu dikabarkan salah satu kantor berita Iran, Tasnim, setelah mengutip juru bicara kehakiman Gholamhossein Mohseni-Ejei.

Reuters pada Senin (17/7) mengabarkan tak hanya adik dari presiden Iran saja yaitu Hossein Fereydoun yang ditangkap. Seorang pria keturunan Cina-Amerika juga diberikan hukuman sepuluh tahun penjara dmenginfiltrasi negara tersebut.

Meski begitu, Mohseni-Ejei mengungkapkan ada kemungkinan Fereydoun bisa dibebaskan jika membayar uang jaminan. Hanya saja dia tidak menyebutkan berapa nominan jaminan yang harus dibayarkan Fereydoun.

Sampai saat ini belum ada alasan kuat mengapa Fereydoun yang bertugas sebagai ajudan presiden selama perundingan nuklir untuk kesepakatan pada 2015 ditangkap. Mohseni-Ejedi juga belum mengungkap alasan tersebut.

Sementara itu, warga berkewarganegaraan Cina-Amerika yang dijatuhi hukuman penjara diidentifikasi sebagai Xiyue Wang. Ia merupakan peneliti sejarah berusia 37 tahun. Wang juga sebelumnya pernah ditangkap pada Agustus lalu dan merupakan mahasiswa pascasarjana di Universitas Princeton, New Jersey.

Berita Terkait