Senin , 19 Juni 2017, 14:45 WIB

Lockheed Martin Jual Jet Tempur ke 11 Negara

Rep: RIZKI JARAMAYA/ Red: Esthi Maharani
Lockheed Martin
Lockheed Martin

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Lockheed Martin Corp mendapatkan kesepakatan senilai 37 miliar dolar AS untuk menjual 440 jet tempur F-35 ke 11 negara, salah satunya yakni Amerika Serikat. Harga satu pesawat jet tersebut ditaksir di kisaran 85 juta dolar AS, dan kontrak tersebut berjalan dengan tiga tahap selama tahun fiskal 2018-2020.

Pekan lalu, perwakilan dari 11 negara tersebut bertemu di Baltimore, Maryland untuk bernegosiasi lebih lanjut mengenai pembelian F-35. Negara-negara itu yakni Australia, Denmark, Israel, Italia, Jepang, Belanda, Norwegia, Turki, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat.

"Ini adalah bagian dari proses, dan akan menjadi nilai tambah bagi Lockheed dan ke depan bisa melakukan produksi jangka panjang yang lebih baik," ujar Analis di Vertical Research Robert Stallard dilansir Reuters, Senin (19/6).

F-35 hadir dalam tiga konfigurasi yakni model A untuk Angkatan Udara Amerika Serikat dan sekutunya, model B yakni dapat lepas landas di landasan pendek dan pendaratan vertikal untuk Korps Marinir dan Angkatan Laut Inggris, serta jet carrier-varian F-35. Kontrak penjualan ini dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan Lockheed.

Sebelumnya, Jet Tempur F-35 sempat mendapatkan kritik dari Pemerintah Amerika Serikat karena harganya sangat mahal. Pada Februari 2017 lalu, Pentagon menyatakan harga jet F-35 bisa turun menjadi sekitar 80 juta dolar AS.

Bisnis F-35 menyumbang sekitar 37 persen dari total pendapatan Lockheed. Pada kuartal I/2017, pendapatan Lockheed dari bisnis aeronutika meningkat 8 persen menjadi 4,1 miliar dolar AS.