Selasa , 21 March 2017, 07:03 WIB

Bill Gates Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
EPA
Bill Gates
Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pendiri Microsoft, Bill Gates, kembali mempertahankan gelarnya sebagai orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes. Posisi tersebut telah dipertahankan selama empat tahun berturut-turut.

Kekayaannya Gates diperkirakan sekitar 86 miliar dolar AS. Angka itu berhasil mengalahkan Presiden Eksekutif Berkshire Hathaway Warren Buffett, yang kekayaannya mencapai 75,6 miliar dolar AS dan menempatkannya di posisi kedua.

Sedangkan posisi sepuluh besar lainnya masih didominasi oleh pengusaha Amerika Serikat di sektor teknologi, seperti pendiri Facebook Mark Zuckerberg di nomor lima, Co-founder Oracle Larry Ellison di nomor tujuh dan pendiri Amazon Jeff Bezos.

Amancio Ortega pebisnis asal Spanyol karena memiliki label mode Zara berada di tempat keempat. Dia menjadi sosok non-Amerika Serikat yang berada di daftar tertinggi dengan perkiraan kekayaan 71,3 miliar dolar AS.

Untuk posisi keenam Carlos Slim Helu dengan total kekayaan 54,5 miliar dolar AS. Slim sebelumnya pernah mengkalim sebagai orang terkaya, sebab dia memegang banyak sektor, termasuk di bidang pertambangan, telekomunikasi, real estate, media dan jasa keuangan.

Forbes melaporkan jika jumlah miliuner telah melonjak 13 persen menjadi 2.043 orang dari 1.810 orang pada tahun lalu. Inilah kali pertama angka miliuner mencapai 2.000 orang. Kekayaan bersih dari gabungan posisi teratas miliuner naik 18 persen menjadi 7,67 triliun dolar AS dan ini pun menjadi rekor baru.

 

Berita Terkait