Senin , 20 Maret 2017, 19:20 WIB

Perusahaan Jeans Asal Turki Berencana Masuk Bursa Saham di AS

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Budi Raharjo
AP
Bursa saham di Wall Street
Bursa saham di Wall Street

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mavi Jeans, merek asal Turki yang dikenal menjadi favorit para selebritis dunia termasuk Lady Gaga dan Adriana Lima, berniat melakukan penawaran sahamnya ke publik atau IPO (Initial Public Offering). Mavi Jeans bahkan dikabarkan telah menyewa Goldman Sachs dan Bank of America (BoA) untuk melakukan penawaran umum.

Dilansir dari Bloomberg, Turkven Private Equity dan keluarga Akarlilar telah memberi mandat kepada bank untuk melakukan listing. Penawaran saham Mavi Jeans disebut sebesar 800 juta dolar AS. Meski begitu, baik pihak perusahaan atau dari pihak bank menolak memberikan konfirmasi atas angka yang beredar tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, sumber Bloomberg menyatakan, keputusan Mavi Jeans bisa saja berubah, termasuk untuk menunda atau malah membatalkan penawaran saham. Perwakilan Goldman Sachs, Bank of America, bahkan pejabat dari Mavi Jeans juga menolak memberikan komentarnya.

Bloomberg mencatat, bila IPO benar-benar dilakukan oleh merek fashion raksasa Turki tersebut, maka langkah ini termasuk penawaran saham terbesar oleh perusahaan Turki dalam beberapa tahun belakangan. Perusahaan memperoleh 508 juta dolar AS sejak penjualan saham perdana di tahun 2015 lalu. Terbesar, penawaran saham dilakukan oleh penyedia jasa asuransi Avivasa Emeklilik & Hayat AS di tahun 2014 lalu senilai 465 juta dolar AS.

Turkven membeli saham di Mavi pada 2008 lalu. Mavi Jeans sendiri telah memiliki 390 gerai dan produknya dijual di 5 ribu lokasi di 50 negara.

Berita Terkait