Ahad , 19 Maret 2017, 12:29 WIB

Apple tak Punya Target Penjualan Khusus di Pasar Cina

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Hazliansyah
Reuters
CEO Apple Tim Cooks memperkenalkan layanan terbaru Apple yakni Apple Music, layanan ini disebut sebagai revolusi baru di dunia musik dan teknologi.
CEO Apple Tim Cooks memperkenalkan layanan terbaru Apple yakni Apple Music, layanan ini disebut sebagai revolusi baru di dunia musik dan teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO Apple Inc Tim Cook mengatakan, Apple tidak memiliki target khusus untuk menguasai pasar di Cina karena persaingan lokal yang cukup sengit.

Cina memiliki karakteristik yang unik dalam hal mobile payment dan konsumen lokal yang memiliki keinginan lebih besar untuk mengubah kebiasaan. Hal ini disampaikan oleh Cook dalam diskusi panel China Development Forum di Beijing.

Dilansir Reuters, Ahad (19/3), Apple berencana mendirikan dua pusat penelitian dan pengembangan dalam upaya meningkatkan investasi di Cina. Pusat penelitian dan pengembangan ini akan bekerja sama dengan sejumlah komunitas perguruan tinggi di Cina.

Apple menghadapi tantangan dengan merek smartphone lokal yakni Oppo dan Huawei yang telah meraih pangsa pasar cukup tinggi. Apple dan Samsung Electronics Co juga menghadapi tantangan di Cina sejak berdirinya Xiaomi Corp pada 2011. Hal ini menyebabkan penjualan Apple ke Cina menurun, dan iPhone 7 gagal meledak di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Cook menjelaskan bahwa Cina harus membuka diri terhadap investasi asing dan globalisasi telah membantu untuk mengatasi kemiskinan. Menurutnya, inovasi Apple dapat mendorong penciptaan lapangan kerja di Cina dan bahkan pembangunan pusat pengembangan dan penelitian diperkirakan dapat membuka dua juta lapangan kerja di Cina.

Sumber : Reuters