Rabu , 01 March 2017, 06:49 WIB

Roberto Azevedo Kembali Pimpin WTO

Red: Nidia Zuraya
Reuters/Denis Balibouse
Direktur Jenderal World Trade Organization (WTO) Roberto Azevedo (file photo)
Direktur Jenderal World Trade Organization (WTO) Roberto Azevedo (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Anggota-anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada Selasa (28/2) sepakat menunjuk kembali Roberto Azevedo untuk masa jabatan empat tahun kedua sebagai Direktur Jenderal dalam pertemuan Dewan Umum.

Dalam ucapan terima kasihnya kepada anggota-anggota atas dukungan mereka, Azevedo mengatakan ia percaya WTO "berada di jalan yang benar. Kami telah mencapai banyak kesepakatan selama beberapa tahun terakhir. WTO lebih kuat hari ini daripada di 2013."

Sebuah tonggak utama bagi sistem perdagangan global tercapai pada 22 Februari, ketika kesepakatan multilateral pertama berkesimpulan dalam sejarah 21 tahun WTO mulai berlaku. 

Dalam menerima empat ratifikasi lebih untuk Perjanjian Fasilitasi Perdagangan (TFA), WTO telah memperoleh dua pertiga penerimaan perjanjian dari 164 anggotanya yang diperlukan untuk membawa TFA berlaku.

"Dampak ini akan lebih besar daripada penghapusan semua tarif yang ada di seluruh dunia," kata Azevedo menyoroti sambil menambahkan bahwa TFA adalah reformasi terbesar perdagangan global abad ini.

Namun, Azevedo menggarisbawahi bahwa WTO dapat berbuat jauh lebih banyak, terutama untuk para pemain yang lebih kecil dan mereka yang merasa terputus dari manfaat ekonomi perdagangan. "kita harus membangun sistem perdagangan yang lebih inklusif," katanya menambahkan.

Azevedo menegaskan kesediaannya untuk menjabat masa jabatan kedua dalam sebuah surat kepada anggota WTO pada 3 November 2016 pada awal proses seleksi. Dia satu-satunya kandidat yang dinominasikan untuk pos tersebut ketika proses ditutup pada 31 Desember 2016. 

 

Sumber : Antara