Kamis , 19 March 2015, 04:58 WIB

Amerika Laporkan Indonesia ke WTO

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
snus-news.blogspot.com
Symbol of World Trade Organization (WTO)
Symbol of World Trade Organization (WTO)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat melaporkan Indonesia kepada Organisasi Perdagangan Dunia. Negara adidaya itu mengatakan Indonesia telah menghalangi ekspor pertanian Amerika.

Seperti dikutip dari ABC News, Kamis (19/3), Pemerintah Indonesia dinilai melanggar aturan perdagangan dunia dengan memblokir impor buah dan daging dari Amerika. Dengan adanya pemblokiran ini Amerika merasa dirugikan karena tidak bisa menembus pasar Indonesia.

Amerika sudah lama mengeluhkan kebijakan Indonesia termasuk juga permasalahan izin yang diperketat. Padahal Indonesia merupakan negara yang menguntungkan bagi ekonomi perdagangan Amerika. Apalagi dengan banyaknya jumlah penduduk negara ini membuat wilayah Indonesia sangat menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi pertanian Amerika.

Tak hanya Indonesia, negara yang dipimpin Presiden Barrack Obama itu juga menilai hal yang sama kepada sebagaian besar negara kawasan Asia Tenggara. Diketahui, Amerika banyak mengekspor buah dan sayuran ke Malaysia dan daging ke Filipina.

Sebelumnya negara-negara Asia menyetop impor buah dan sayur dari Amerika karena diketahui hasil pertaniannya memiliki bakteri yang berbahaya. Contohnya Apel berbakteri yang masuk ke Indonesia dan akhirnya dimusnahkan. Akibat kejadian itu, Pemerintah Indonesia memastikan tidak akan mengimpor apel dari Amerika.