Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Sunday, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Baznas: Kepercayaan pada Amil meningkat

Ahad 04 August 2013 13:30 WIB

Red: Damanhuri Zuhri

Logo Baznas.

Logo Baznas.

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Teten Kustiawan mengatakan kepercayaan masyarakat pada amil atau penghimpun zakat mulai meningkat dari tahun ke tahun.

"Zakat yang berhasil dihimpun pada 2011 sebanyak Rp 1,73 triliun, sedangkan pada 2012 sebanyak Rp 2,2 triliun. Jadi terlihat ada peningkatan yang cukup besar," ujar Teten di Jakarta, Minggu.

Ia menambahkan peningkatan besaran zakat yang terhimpun setiap tahunnya bekisar 15 hingga 30 persen. Hal itu, sambung dia, menunjukkan kepercayaan masyarakat pada lembaga amil zakat semakin meningkat.

"Memang di Indonesia ada budaya membayarkan zakatnya langsung pada penerima zakat," kata teten Kustiawan mengungkapkan.

Dia juga mengatakan kepercayaan itu meningkat seiring dengan pengelolaan zakat yang semakin transparan, dilakukan audit dan kemudian dilakukan publikasi. Pada 2013, Baznas menargetkan bisa mengumpulkan zakat sebanyak Rp 3 triliun.

"Paling banyak zakat yang terhimpun itu pada saat Ramadan bisa mencapai 60 persen dari total dana yang berhasil dihimpun per tahun," kata Teten menjelaskan.

Ia mengemukakan potensi zakat di Tanah Air cukup besar, berdasarkan penelitian Baznas, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Bank Pembangunan Islam (IDB) potensi zakat nasional 2011 mencapai Rp 217 triliun.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES