Saturday, 28 Safar 1436 / 20 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Baznas: Kepercayaan pada Amil meningkat

Sunday, 04 August 2013, 13:30 WIB
Komentar : 0
blogspot.com
Logo Baznas.
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Teten Kustiawan mengatakan kepercayaan masyarakat pada amil atau penghimpun zakat mulai meningkat dari tahun ke tahun.

"Zakat yang berhasil dihimpun pada 2011 sebanyak Rp 1,73 triliun, sedangkan pada 2012 sebanyak Rp 2,2 triliun. Jadi terlihat ada peningkatan yang cukup besar," ujar Teten di Jakarta, Minggu.

Ia menambahkan peningkatan besaran zakat yang terhimpun setiap tahunnya bekisar 15 hingga 30 persen. Hal itu, sambung dia, menunjukkan kepercayaan masyarakat pada lembaga amil zakat semakin meningkat.

"Memang di Indonesia ada budaya membayarkan zakatnya langsung pada penerima zakat," kata teten Kustiawan mengungkapkan.

Dia juga mengatakan kepercayaan itu meningkat seiring dengan pengelolaan zakat yang semakin transparan, dilakukan audit dan kemudian dilakukan publikasi. Pada 2013, Baznas menargetkan bisa mengumpulkan zakat sebanyak Rp 3 triliun.

"Paling banyak zakat yang terhimpun itu pada saat Ramadan bisa mencapai 60 persen dari total dana yang berhasil dihimpun per tahun," kata Teten menjelaskan.

Ia mengemukakan potensi zakat di Tanah Air cukup besar, berdasarkan penelitian Baznas, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Bank Pembangunan Islam (IDB) potensi zakat nasional 2011 mencapai Rp 217 triliun.


Redaktur : Damanhuri Zuhri
Sumber : antara
Beramallah kamu sekalian, karena beramal akan merubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukanNya padamu(HR Bukhori-Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Upaya Pembunuhan Kim Jong Un, Film Ini Batal Putar
WASHINGTON DC -- Sony Pictures diperkirakan rugi sekitar 100 juta dolar karena batalnya pemutaran film "The Interview" akibat ancaman serangan ke bioskop-bioskop yang...

Berita Lainnya

Baznas Imbau Masyarakat Bayar Zakat Melalui Amil