Friday, 28 Ramadhan 1435 / 25 July 2014
find us on : 
  Login |  Register

BMH Gelar 'Wakaf Sejuta Alquran'

Friday, 10 August 2012, 15:50 WIB
Komentar : 0
Republika/Edwin Dwi Putranto
Membaca Alquran (ilustrasi).
Membaca Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Malam itu, Ahad (5/8), lapangan parkir Kalibata Mall, Jakarta Selatan, ramai tak seperti biasanya. Malam itu, tengah digelar peringatan Nuzulul Quran yang menghadirkan sejumlah tokoh, antara lain, Ustaz Bachtiar Nasir, Dik Doank, dan grup nasyid Justice Voice.

Acara yang juga diisi dengan bazar dan pentas seni Islami ini adalah rangkaian acara “Wakaf Sejuta Alquran” yang diselenggarakan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmal Hidayatullah (BMH).

Menurut Direktur Eksekutif BMH, Wahyu Rachman, wakaf akan diserahkan kepada para penerima secara serentak. “Penyebarannya ke seluruh pelosok Indonesia,” katanya.

Menurut Wahyu, dengan mengusung momentum Nuzulul Quran, diharapkan akan menjadi penyemarak kembali untuk mengajak masyarakat Indonesia kembali gemar membaca Alquran. Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Muslim menyambut ajakan ini.

BMH, katanya, akan mendistribusikan wakaf ini ke 50 kabupaten dan kota, 225 pesantren, serta 6.125 dai. Antara lain ke Merauke serta pedalaman Papua lainnya, Mentawai, lereng gunung Senduro, dan lainnya.

Kebutuhan mushaf Alquran di daerah tersebut sangatlah tinggi. Selain jarak tempuh yang jauh, akses untuk memperolehnya masih sulit. Program ini terlaksana bekerja sama dengan dai-dai di pedalaman. Alhasil, Alquran langsung diterima manfaatnya pada yang membutuhkan.

Hidayatullah
BMH merupakan laznas yang bernaung di bawah Pesantren Hidayatullah. Sejak berdiri pada 2001, lembaga ini telah memiliki 43 kantor di lima wilayah yang tersebar di seluruh Tanah Air. Selain mengelola wakaf Alquran, BMH juga mengelola sekolah tinggi ilmu syariah, Sekolah Tinggi Lukmanul Hakim, dan sekolah tinggi ilmu ekonomi.

Program-programnya, kata Wahyu, berupa Beasiswa Berkah, Sahabat Guru, Sekolah Pemimpin (Integrated Boarding School), 245 Pusat Pendidikan Anak Shaleh, Peduli Bencana Nusantara, Islamic Medical Service (IMS), Bina Ekonomi Berkah, dan Baitulmal wa Tamwil Bina Umat Mandiri. “Sedikitnya, ada 30 ribu orang yang menerima manfaat langsung program-program kami,” ujarnya.




Reporter : Nashih Nashrullah
Redaktur : Chairul Akhmad
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar