Senin, 21 Jumadil Akhir 1435 / 21 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

BMH-PLN Santuni Warga Balikpapan

Selasa, 31 Juli 2012, 13:11 WIB
Komentar : 0
bmh
Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan LAZIS PT PLN (Persero) Kaltim serahkan 200 paket Santunan untuk Miskin (Senyum) dan Buka Bersama Ditunggu (BeDuG).
Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan LAZIS PT PLN (Persero) Kaltim serahkan 200 paket Santunan untuk Miskin (Senyum) dan Buka Bersama Ditunggu (BeDuG).

REPUBLIKA.CO.ID, Sore itu, Senin (23/7) pukul 17.00 Wita. Ratusan warga usia lanjut berbondong-bondong masuk Masjid Al Hidayah, Kelurahan Kampung Baru Ulu, Balikpapan Barat. Baju mereka tampak lusuh membalut kulitnya yang keriput dimakan usia.

Ya, sore itu Baitul Maal Hidayatullah (BMH) bekerja sama Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIS) PT PLN (Persero) Kaltim, menggelar dua hajatan sekaligus, yakni penyerahan 200 paket Santunan untuk Miskin (Senyum) dan Buka Bersama Ditunggu (BeDuG) di tempat itu. Panitia mengarahkan para lanjut usia itu duduk membentuk lingkaran sembari menunggu buka puasa bersama.

Edy Siswanto, perwakilan BMH Balikpapan mengatakan, hal ini dilakukan sesuai amanah para donatur yang mempercayakan BMH sebagai penyalur zakat dan sedekah. Sebanyak 200 paket Senyum yang dibungkus plastik kuning berisi sembilan kebutuhan pokok (Sembako) dibagikan kepada mereka yang berhak menerima.

“Ini sudah menjadi acara rutin tiap tahunnya sejak tahun 2000. Dan di kelurahan Kampung Baru Ulu sudah 3 tahun berjalan,” kata Edy.

Untuk koordinasi penerima paket Senyum, lanjut Edy, panitia bekerja sama dengan H Efendi Habib Anwar, ketua RT 24 yang juga selaku pengurus Masjid Al Hidayah. “Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, bersama ketua RT kami sudah seleksi siapa-siapa warga yang berhak menerima santunan ini,” ucapnya.

Menurutnya, santuan dan pembinaan spiritual bagi orang jompo ini untuk meringankan beban hidup mustahik (penerima zakat), pemberian wadah pembinaan yang rutin dan terarah, mengurangi ketergantungan mustahik terhadap keluarga dan pengasuhnya, dan meningkatkan pemahaman serta pengalaman keislaman.

“Inilah upaya kita, sebagai wujud upaya menebar kebaikan di program-program sosial keumatan sebagaimana moto kami; Tebarkan Rahmat, Berdayakan Umat,” pungkasnya.

Nurhayati, 80 tahun, warga RT 41 misalnya sangat bersyukur mendapat santunan dari BMH. “Terima kasih yah nak, sudah memberikan kami beras dan makanan. Semoga Allah sang pencipta menambahkan rezeki kepada kalian semua, terima kasih banyak,” ujarnya, terbata-bata.

Sementara itu, H Efendi berharap kegiatan ini terus berkelanjutan pada Ramadan berikutnya. “Pada Ramadan ini, banyak warga kami sangat membutuhkan uluran bantuan semacam ini. Terima kasih BMH, terima kasih PLN, terima kasih para donatur, kami doakan semoga kegiatan ini mendapatkan pahala,” pungkasnya.

Sebelumnya, pembagian santunan para jompo mendengarkan ceramah oleh Ustaz Iwan Abdullah. Dengan materi kemuliaan bulan Ramadan.


Tiada beriman kepadaku orang yang bermalam (tidur) dengan kenyang sementara tetangganya lapar padahal dia mengetahui hal itu. ((HR. Al Bazzaar))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar