Senin, 19 Ramadhan 1436 / 06 Juli 2015
find us on : 
  Login |  Register

Bolehkah Melakukan Aqiqah untuk Diri Sendiri?

Selasa, 15 Maret 2011, 18:15 WIB
Komentar : 0

Pertanyaan


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Pak Ustadz.

Pak Ustadz, apa hukum akikah untuk diri sendiri? Jika bisa disertai dalil berdasarkan Al Qur'an atau hadits yang telah ditakhrij oleh ulama ahli hadits. Apakah lebih utama mengerjakan akikah untuk diri sendiri terlebih dahulu, kemudian untuk anak saya? Terima kasih.
 
Wassalamu'alaikum wr wb
Sunkowo

Jawaban

Wa'alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh
Semoga Allah merahmati kita semua

1.Hukum akikah untuk diri sendiri hukumnya boleh.
2.Lebih baik mengakikahi diri sendiri sebelum anak.
3.Untuk diketahui bahwa sebenarnya perintah akikah jatuh ke orang tua. Yakni orang tua saudara. Bahwa akhirnya orang tua saudara belum mengakikahi saudara maka akhirnya saudaralah yang harus mengakikahi diri sendiri.

Ustadz Muchsinin Fauzi, LC
Pertanyaan : ustadz@rol.republika.co.id

Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Sutradara Berdarah Yahudi Garap Film Dokumenter Islam di AS
 WASHINGTON — Berbagai kegiatan Ramadan digelar oleh diaspora Indonesia di Washington DC dan sekitarnya. Baru-baru ini IMAAM Center memutar film dokumenter 'An American Mosque'...