Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Qiyamullail di Bulan Ramadhan

Senin 16 August 2010 21:01 WIB

Red: Mohamad Afif

Pertanyaan

Marhaban ya ramadhan, tak terasa ramadhan sudah lewat beberapa hari.

Namun ada satu pertanyaan yang selalu menghantui setiap ramadhan tiba yaitu tentang qiyamul lail. Apakah bedanya shalat tarawih dengan shalat tahajud, terus terang ada yang mengatakan shalat tarawih berbeda dengan shalat tahajud. Sementara kalau yang saya tahu shalat tarawih itu adalah shalat tahajud yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka di bulan ramadhan sangat giat digalakkan karena disamping pahalanya berlipat juga sarana latihan agar diteruskan pasca ramadhan.

Saya bingung manakah yang saya pilih: shalat tarawih, tapi tidak shalat tahajud atau shalat tahajud tapi shalat tarawih atau kedua-duanya.  Selain itu sepengetahuan saya, belum ada satu riwayatpun dari sahabat mereka melakukan kedua-duanya. Demikian pertanyaan saya semoga dapat dijawab sebelum bulan ramadhan tiba.

wassalamu'alaikum wr. wb.    

Johari

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr Wb

Semoga Allah SWT merahmati kita semua

1.Shalat tarawih adalah nama lain dari shalat tahajud.

2.Lebih jelasnya semua shalat sunnah yang dijalankan setelah shalat isya' namanya shalat qiyamullail. Qiyamulail bisa disebut dengan shalat tahajud, tarawih (sebutan untuk qiyamullaial dibulan ramadlon). Intinya asal dijalankan ba'da isya; namanya qiyamullaial dengan variasi sebutan tersebut.

3.Jadi jika anda sudah tarawih ya sebenarnya sudah tahajud demikian sebaliknya.

4.Memang ada kebiasaan masyarakat yang membedakan tarawih itu yang diawal malam sebelum tidur, bisanya di masjid, sedangkan tahajud itu yang di tengah malam dan di rumah. Tapi itu perbedaan yang tidak berdasar. Hanya kebiasaan.

 

Ustadz Muchsinin Fauzi, LC

ustadz@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA