Kamis, 2 Zulqaidah 1435 / 28 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register
Sabtu, 15 Mei 2010, 17:54 WIB

Bagaimana Hukumnya Menikah dengan Orang yang Pernah Berzina

Assalamualaikum wr.wb.

Saya langsung saja pak ustadz.Dalam 1,5 bulan ini saya telah menjalin hubungan dengan seorang wanita.Saya pribadi insyaallah siap utk menjadikan dia istri saya. Namun beberapa hari lalu,pasangan saya mengaku bahwa dia tidak virgin lagi.Dia pernah melakukannya dengan mantannya dan itu sudah terjadi 8 tahun yg lalu.Ia mengaku hanya melakukan sekali dan dia juga menyesal.Karena saat itu dia menganggap bakal menjadi istri dari mantannya.Tapi menurut dia hubungan mereka tidak direstui org tuanya karen suatu hal.Dan  mantannya itu juga masih temen saya.Yang ingn saya tanyakan:

1. Apakah dalam hukum islam diperbolehkan menikahi wanita trsbut,mlht dia tlh mlkukan perzinkmahan.Ato lebih baik qt meninggalkannya dan mencari wanita yg lebih baik?

2. Baru-baru ini mantannya ingin balik lagi kepada dia.Saya tahu dia masih mencintainya,karena mereka pisah hanya karena masalah restu dari ortu wanita.Apakah saya harus merelakan wanita in untuk kembali lagi ato tetap dengannya? karena yang saya tahu dia mencintai saya.

3. Bila saya tetap menikahinya dengan alasan ibadah,apakah saya termasuk orang tidak baik?karena menurut Alquran surat an-nur (sy lp ayatnya) orang baik berjodoh dengan orang baik,dan yg tidak baik akan berjodoh dengn yang tidak baik (maaf klo salah). Mohon untuk dijawab agar saya dpt mengambil keputusan tanpa ragu-ragu.Terimakasih atas jawabannya
 
arie



Jawaban

Semoga Allah merahmati kita semua
 
1. Sebenarnya hukum menikah dengan orang berzina memang cukup berat, sebagian Ulama’ mengharamkan. Melihat hal ini saya sarankan mencari pasangan yang lain. Jika masih ada peluang untuk mencari pasangan yang lain carilah yang lebih suci. Jika tidak bisa ke lain hati, dan akan menghasilkan mudlorot jika tidak menikah dengannya , maka suruh ia bertaubat terlebih dahulu agar kalian disebut sebagai orang yang terjaga kehormatannya (tidak berzina) menikah dengan yang terjaga kehormatannya (tidak berzina)

2. Jika anda memilih mencari pasangan yang lain maka biarkanlah ia bersama orang yang pernah menzinahinya. Dua-duanya harus bertaubat dan melangsungan kehidupan yang normal.

3. Orang yang berzina memang dianggap tidak baik selama belum bertaubat. Jika sudah bertaubat maka orang yang bertaubat seperti orang yang tidak punya dosa lagi. Ia kembali suci

Redaktur : Mohamad Afif
Berita Terkait:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)