Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register
Rabu, 03 September 2008, 08:28 WIB

Membaca Puji-pujian Sebelum Shalat

Assalamu'alaikum wr wb,
Bagaimana hukumnya membaca Alquran, shalawat, dan pujian-pujian sebelum melakukan shalat subuh? Hal ini saya tanyakan mengingat ada ustadz yang tidak membolehkan pembacaan tersebut sebelum shalat Subuh dan merebut alat pengeras suara tanpa memberikan penjelasan.

Dharto Suhartono.
Sdr. Dharto,
Saya tidak mengetahui ada ulama yang melarang membaca Alquran atau shalawat dan berdoa sebelum subuh. Bahkan Nabi menganjurkan untuk melakukannya, karena menurut beliau "Setiap malam menjelang fajar Allah "turun" sambil mengajak siapapun untuk bermohon dan beristigfar". Boleh jadi Anda dilarang, karena suara Anda ketika mengaji dan berdoa dinilai menggangu tetangga yang masih memerlukan tidur beberapa saat sebelum matahari terbit, atau mengganggu orang sakit dan semacamnya. Sikap ustadz itu dari sisi ini dapat dimengerti, namun merebut alat pengeras suara atau melarang Anda tanpa penjelasan terasa kurang bijaksana. Demikian. Wa Allah A'lam.
Berita Terkait:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))