Rabu, 23 Jumadil Akhir 1435 / 23 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Calhaj Lansia Jadi Prioritas Utama Haji 2013

Kamis, 01 November 2012, 15:04 WIB
Komentar : 0
Jamaah Haji
Jamaah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah calon haji lanjut usia dipastikan akan menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun depan. ‘’Untuk persiapan penyelenggaraan haji 2013, jamaah lansia akan mendapatkan porsi khusus,’’ ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Anggito Abimanyu, belum lama ini.

Anggito menyebutkan, jamaah calon haji lansia akan mendapatkan prioritas berupa porsi awal untuk mendapatkan tempat dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun depan. Dengan begitu, lanjutnya, sekitar bulan Januari-Februari 2013 nanti diharapkan para calhaj lansia itu dapat diketahui jumlah pasti yang akan berangkat ke Tanah Suci. ‘’Mereka juga dipastikan akan berangkat bersama para pendampingnya,’’ ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali. Menurut Menag, jamaah lansia terutama mereka yang berusia 87 tahun ke atas. ‘’Jamaah berisiko tinggi seperti ini akan menjadi prioritas utama untuk berangkat ke Tanah Suci,’’ ujar Menag.

Lantaran masa tunggu yang lama, jamaah lansia yang berencana akan berangkat ke Tanah Suci pun kian banyak. Agar tidak menimbulkan risiko lebih tinggi lagi jika harus menunggu lebih lama, jamaah usia lanjut pun akan diutamakan untuk lebih dulu berangkat.

Menag mengungkapkan, pihaknya akan menelaah berapa jumlah jamaah lansia berusia 80 tahun ke atas yang tersisa pada penyelenggaraan haji 2013 nanti. ‘’Kami akan memperhitungkan berupa kuota yang dapat diberikan untuk jamaah lansia,’’ ujar dia.

Dengan asumsi tak ada penambahan kuota pada tahun depan, Suryadharma mengungkapkan, kuota yang tidak terserap itulah, yang diperkirakan sekitar 70-80 persen, akan diberikan pada jamaah usia lanjut tersebut. ‘’Intinya, kami akan memberikan kepastian pada jamaah usia lanjut untuk bisa berangkat ke Tanah Suci,’’ ungkap Menag.

Dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, jamaah lansia pun menjadi prioritas utama. Sepanjang ritual ibadah, jamaah lansia adalah kelompok yang paling rentan mengalami masalah gangguan kesehatan hingga menjadi sasaran kejahatan.

Lantaran itulah perlu ada penanganan khusus untuk menghadapi jamaah lansia agar mereka tetap dapat nyaman menunaikan ibadah haji. Maka, ketika ada usulan untuk membuat kloter khusus jamaah lansia, Menag Suryadharma Ali menyambut baik hal ini. ‘’Saya kira ini merupakan usulan yang baik. Kami akan mempertimbangkan ini,’’ ujarnya.

Reporter : Endah Hapsari
Redaktur : Dewi Mardiani
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)((QS ar-Rum: 41))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar