Kamis, 23 Zulqaidah 1435 / 18 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kiswah Penutup Kabah Mulai Disingkapkan

Sabtu, 15 Oktober 2011, 16:46 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Ada perubahan penting bila melihat sosok Ka'bah hari ini (15/10). Kiswah atau kain hitam penutup Ka'bah pada hari ini sedikit disingkapkan.

Bila pada hari selumnya seluruh dinding bangunan kabah diselumti kain hitam, kini akibat kiswah disinvgkap warna Ka bah menjadi tiga. Itu adalah warna abu Abu karena batu dindingnya terlihat.

Kedua warna butih pada bagian tengah akibat kiswah digulung. Ketiga warna hitam sisa dari kain kiswah sebelumnya,

Lazimnya setelah kain kiswah disingkapkan dalam beberapa waktu ke depan Ka'b ah akan sgera dicuci Dan kiswah akan segera diganti dengan yang baru. Pergantian kiswah ini biasanya dilakukan menjlang puncak musim haji. Kiswah memang diganti setiap tahun sekali.

Bila diperhatikan kain kiswah terutama yang ada di bagian bawah banyak yang robek. Namun robelkan itu terjadi akibat ulah tangan tangan jahil. Kiswah dirobek menggunakan benda tajam seperti silet.

Reporter : m subarkah
Redaktur : taufik rachman
Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang berwudhu lalu menyempurnakannya, lunturlah dosa-dosanya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Atasi Masalah Grafiti, ini Cara Kreatif Washington DC
WASHINGTON --  Kota besar seperti ibukota Amerika Serikat, Washington DC, juga menghadapi masalah graffiti karena semakin banyaknya dinding gedung dan tempat umum yang...