Tuesday, 13 September 2011, 14:50 WIB

38 Calon Jamaah Haji dari DIY Batal Berangkat

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Siwi Tri Puji B
Ibadah haji
Ibadah haji

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA  - Jumlah kuota haji dari DIY tahun 2011 ini sebanyak 3.091 orang dan yang sampai batas akhir pelunasan yang sudah  membayat BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) sebanyak 3.060 orang. Dengan demikian, 31 calon jamaah haji yang tidak jadi berangkat menunaikan ibadah haji karena belum meluniasi BPIH.

Hal itu dikemukakan Kasie Bimbingan Jamaah dan Petugas Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi DIY, Edy Johansyah, pada Republika, Selasa (13/9). Di samping itu, kata Edy, calon jamaah haji dari DIY yang sudah melunasi BPIH tetapi mengundurkan diri ada tujuh orang.

Alasannya karena dua orang meninggal yakni Darmo Wiyono dari Kabupaten Kulon Progo dan Marinah binti Arjo Sumarto dari kabupaten Sleman. Sedangkan alasan lainnya: dua orang karena tidak siap, sakit dan pasangannya sakit.

Quota yang tersisa dari DIY karena ada yang belum melunasi BPIH dan mengundurkan diri, akan dikembalikan ke Pusat. Nanti dari Pusat akan dijadikan satu dengan kuota nasional. ''Apakah nantinya dari DIY akan mendapat tambahan kuota atau tidak tergantung dari Pemerintah Pusat,''kata dia.

loading...
TAG