Kamis, 29 Zulhijjah 1435 / 23 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Daftar Tunggu Haji di Bengkulu Hingga 2017

Jumat, 08 Juli 2011, 20:32 WIB
Komentar : 3

REPUBLIKA.CO.ID,BENGKULU--Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu mencatat daftar tunggu jamaah calon haji asal Kota Bengkulu sudah terisi hingga tahun 2017.

"Sampai hari ini warga Kota Bengkulu yang telah mendaftar sebagai jamaah calon haji melalui sistem komputerisasi kabupaten/kota sebanyak 1.945 orang," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Taufiqurrahman, Jumat.

Ia mengatakan, dari 1.945 jamaah calon haji yang telah mendaftar, 1.640 orang masuk dalam daftar tunggu hingga 2017 karena kuota asal Kota Bengkulu hanya 305 orang.

Menurut dia, tingginya angka daftar tunggu jamaah calon haji di Kota Bengkulu karena semakin membaiknya kondisi perekonomian dan kesadaran beribadah warga yang terus meningkat.

"Daftar tunggu jamaah calon haji asal Kabupaten Rejang Lebong telah terisi hingga 2016 mendatang. Warga Rejang Lebong Lebong yang telah mendaftar sebagai jamaah calon haji sebanyak 1.326 orang, sedangkan kuotanya hanya 230 orang," ujarnya.

Sedangkan daftar tunggu jamaah calon haji Kabupaten Kepahiang telah terisi hingga 2015. Dari kuota sebanyak 108 orang kini telah terdaftar sebanyak 545 orang.

Sementara warga Kabupaten Lebong yang telah mendaftar sebanyak 357 orang dari kuota 91 orang sehingga daftar tunggu telah terisi sampai 2014.

Daftar tunggu tersebut hingga 2014 juga terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan. Dari kuota sebanyak 127 orang yang telah mendaftar sebagai 492 orang.
Untuk Kabupaten Mukomuko daftar tunggu terisi hingga 2013. Warga Mukomuko yang telah mendaftar 501 orang dari kuota 174 orang.

Begitu juga daftar tunggu jamaah calon haji di Kabupaten Bengkulu Utara terisi hingga 2012 dengan kuota sebanyak 288 orang, hingga kini warga kabupaten ini sudah mendaftar 551 orang.

Di Kabupaten Seluma daftar tunggu jamaah calhaj juga terisi hingga 2012. Warga Seluma yang telah mendaftar sebagai calhaj sebanyak 322 orang dari kuota sebanyak 169 orang.

"Khusus di Kabupaten Kaur warga yang telah mendaftar sebagai calhaj sebanyak 203 orang dari kuota sebanyak 106 orang sehingga masih ada kekosongan untuk keberangkatan pada 2012," katanya.

Ia mengatakan, hingga kini warga Provinsi Bengkulu yang telah mendaftar sebagai calon haji sebanyak 6.242 orang dari kuota yang ditetapkan 1.665 orang.
Mereka yang terdaftar sebagai calhaj adalah warga yang telah melengkapi persyaratan administrasi dan membayar ongkos naik haji sebesar Rp25 juta per orang.

"Kendala yang kami temui sampai saat ini yakni sebanyak 60 persen jamaan calon haji Provinsi Bengkulu yang mendaftarkan diri berusia di atas 50 tahun sehingga diyakini akan menyulitkan mereka untuk melakukan ibadah haji yang membutuhkan fisik prima," katanya.

Untuk mengatasi kondisi tersebut pihaknya akan memperbanyak kegiatan manasik haji agar para jamaah calon haji terlatih saat menjalankan ibadah haji nantinya.

Redaktur : taufik rachman
Sumber : antara
Jauhkanlah diri kamu daripada sangka (jahat) karena sangka (jahat) itu sedusta-dusta omongan, (hati)(HR Muttafaq Alaih )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kemarau Panjang Akibatkan Turunnya Pasokan Air Jakarta, Ini Solusinya
JAKARTA -- Musim kemarau panjang di indonesia memiliki dampak terhadap penurunan debit air baku. Kepala Divisi Komunikasi dan Pertanggung Jawaban Sosial PT PAM...