Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Penyelenggaraan Haji Harus Tetap Perhatikan Ubudiyah

Jumat 05 November 2010 03:55 WIB

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH-Penyelenggaraan ibadah haji hendaknya tidak hanya terpaku pada penyediaan fasilitas dan sarana fisik semata. Penyelenggaraan ibadah haji juga harus memperhatikan sahnya peribadahan jamaah (ubudiyah).

Demikian dinyatakan oleh Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah M. Subakin menirukan pesan Naib Amirul Haj KH Hasyim Muzadi dalam Rapat Koordinasi Amirul Haj dengan PPIH di Makkah, Rabu (3/11). Menurut Subakin, dirinya sangat salut dan sependapat dengan Hasyim yang menyatakan, agar penyelenggaraan haji tidak boleh mengabaikan pelayanan fisik.

"Selain harus mengupayakan pengadaan perumahan yang representatif dan layanan katering yang berkualitas bagus, penyelenggaraan haji juga harus mengukur kemampuan petugas pelayanan ibadah di setiap kloternya," tutur Subakin mengutip pernyataan Kiai Hasyim sapaan akrab Hasyim Muzadi.

Lebih lanjut Subakin menjelaskan, kemampuan bimbingan manasik para petugas haji memang harus selalu ditingkatkan. Sehingga, dengan kemampuan manasik yang memadai para petugas haji diharapkan dapat mengantisipasi setiap kendala ibadah yang mungkin terjadi di lapangan.

"Para petugas haji perlu memiliki kemampuan manajemen, artinya mampu mengatur jamaah di lapangan. Memiliki kecerdasan untuk mencari solusi bagi permasalahan-permasalahan yang timbul dan memiliki kecepatan dan ketangguhan dalam menghadapi setiap persoalan. Selain itu para petugas juga harus tanggap dan siap mengantisipasi masalah jamaah," tandas Subakin.

Sumber : media centre haji
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES