Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

RZ Bantu Cegah Demensia dengan Pelatihan Makrame

Sabtu 10 February 2018 12:25 WIB

Red: Gita Amanda

RZ menggelar pelatihan makrame demi membantu mencegah demensia.

RZ menggelar pelatihan makrame demi membantu mencegah demensia.

Foto: Rumah Zakat
Pelatihan makrame membantu mencegah demensia sekaligus jadi penghasilan baru lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rumah Zakat (RZ) bersama Cita Sehat Foundation mengadakan pelatihan membuat tas dari bahan tali kur atau yang biasa disebut dengan Makrame, beberapa waktu lalu. Pelatihan tersebut bertujuan untuk mencegah demensia yang biasa menjangkit warga usia di atas 65 tahun.

Bertempat di Desa Madurejo Prambanan Sleman, pelatihan yang sangat efektif untuk melatih otak ini dibagi ke dalam tiga gelombang. Setiap gelombangnya diikuti oleh 10-15 lansia dan kader di Desa Madurejo dan Desa Jogotirto.

“Pelatihan ini ditujukan sebagai usaha untuk pencegahan demensia pada lansia. Selain itu, dengan adanya pelatihan ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan para lansia,” ujar Fasilitator Rumah Zakat Tri Kaesi, seperti dalam siaran pers RZ.

Demensia adalah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak. Seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental.

photo

Para lansia dengan sabar mengikuti pelatihan makrame.

“Awalnya sih sulit, berkali kali salah, berkali kali dibongkar lagi. Kuncinya sabar dan tidak menyerah. Setelah bisa, ternyata sangat menyenangkan,” tutur Santoso, salah satu peserta.

Komunitas Pengusaha Yogyakarta-Jawa Tengah yang dipimpin oleh Ahmad Nur Umam menyatakan siap membantu untuk memasarkan aneka tas hasil produk lansia dengan memanfaatkan jaringan pengusaha di seluruh Indonesia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES