Selasa , 03 October 2017, 13:26 WIB

Rumah Zakat Kembali Salurkan Paket Makanan ke Rohingya

Red: Gita Amanda
Rumah Zakat
Bantuan untuk masyarakat Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh.
Bantuan untuk masyarakat Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGLADESH -- Rumah Zakat kembali mendistribusikan bantuan untuk pengungsi Rohingnya yang berada di Cox’s Bazar, Bangladesh. Lokasi penyaluran dilaksanakan di dua kamp pengungsian Balukhali, yaitu Purbo Para Balukhali Camp dan Gundum Camp. Lokasi tersebut dapat ditempuh sekitar dua hingga tiga jam perjalanan dari pusat Cox’s Bazar.

Rumah Zakat mendistribusikan paket makanan yang terdiri dari beras, minyak, kacang-kacangan, gula, garam, biskuit, air mineral, kurma kering dan susu. Selain makanan, Rumah Zakat juga mendistribusikan bantuan berupa pembalut wanita dan obat-obatan.

Kondisi pengungsian di kamp Balukhali sangat memprihatinkan. Shelter tempat para pengungsi terbuat dari bambu, berdindingkan plastik dan beralaskan tanah. Minimnya sarana air bersih, MCK dan tidak adanya drainase menjadikan lingkungan sekitar kamp sangat kumuh, bau dan tidak sehat.

Selain lingkungan yang kotor, mereka pun harus menjalani hari-harinya dengan kondisi perut kelaparan. Sebab banyak dari mereka tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Kami akan terus mendistribusikan bantuan pangan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh, mengingat makanan adalah kebutuhan mendesak para pengungsi saat ini,” ujar tim Kemanusiaan Rumah Zakat di Bangladesh, Senin (2/10), Nurmansyah.