Friday, 30 Zulhijjah 1435 / 24 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pahala Sholat Syuruq

Friday, 31 August 2012, 06:00 WIB
Komentar : 5
Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi)
Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi)

Ustad, apakah sholat Syuruq itu, apa dasarnya ustadz melakukannya, apakah Rasul juga melakukannya?

SubhanAllah, begini sahabatku, Rasulullah bersama sahabatnya tidak keluar dari masjid seusai sholat subuh kecuali setelah isyroq.

Simaklah hadist ini sahabatku, dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah bersabda: “Barang siapa menengakkan sholat Shubuh berjamaah di masjid, lalu dia duduk berdzikir (tadarussan, halaqoh ilmu, diskusi dan sebagainya) sampai matahari terbit, kemudian menegakkan sholat dua rakaat, maka ia akan mendapatkan pahala haji dan umrah "sempurna" (HR. At-Tirmidzi).

Sholat sunnah setelah matahari terbit dinamakan Sholat Isyroq atau Syuruq atau Thulu’, dan sudah boleh sholat dhuha sahabatku fillah.

Nilai sholat ini sangat besar yaitu sepadan dengan pahala haji dan umroh sempurna, tentu pahala bukan tujuan tetapi sebagai stimulan penyemangat ibadah untuk meraih ridho Allah.

Ayoooo kita semangat mengamalkannya mumpung masih ada sisa umur... Insya Allah.

Redaktur : Slamet Riyanto
Seorang wanita masuk neraka karena mengikat seekor kucing tanpa memberinya makanan atau melepaskannya mencari makan dari serangga tanah((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
1 Muharram, Momentum Hijrah Secara Mental
JAKARTA -- Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 H tidak lepas dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Peristiwa besar...