Selasa , 20 Maret 2012, 23:59 WIB

Mualaf Aishah Schwartz, Pembela Hak-Hak Muslimah (2-habis)

Rep: Indah Wulandari/ Red: Chairul Akhmad
Al-Jazirah
Aishah Schwartz
Aishah Schwartz

REPUBLIKA.CO.ID, Schwartz terus maju dalam memperjuangkan hak-hak Muslimah. Pada 2006, dia mendirikan lembaga Muslimah Writers Alliance (MWA).

Lembaga sosial yang berpusat di Washington DC ini secara proaktif mengawasi  penyusunan rancangan undang-undang mengenai hak wanita di Arab Saudi. MWA juga membantu ketersediaan akses pendidikan bagi para pelajar di Gaza, Palestina.

Bermain film
Dunia film ternyata tak asing bagi Schwartz. Pada 2004, dia pernah terlibat dalam pembuatan film serial televisi di WETA-TV. Dia dua kali berakting sebagai aktivis.

Kemudian, dalam upaya memperluas jangkauan kampanyenya, dia memprakarsai pembuatan film bersama Bridges Foundation. Sesi yang digarapnya berjudul "Jihad Against Terrorism" yang dibintangi aktor Imam Suhaib Webb.

Dia juga dikenal sebagai penulis non-fiksi paruh waktu. Tulisannya sebagian besar membahas tentang persepsi yang salah tentang Islam serta kehidupannya setelah memutuskan menjadi Muslimah.

Sebagai jurnalis, dia dikenal aktif mengisi halaman virtual majalah online untuk komunitas Muslim, Naseeb Vibes. Artikel Schwartz juga kerap muncul di The American Muslim.

Tahun berganti tahun, tetapi semangat Schwartz tak pernah padam untuk mendukung dan membela hak-hak Muslimah di seluruh dunia. Hanya saja, ia kini lebih fokus pada perjuangan membela hak-hak warga Palestina.

Pada 2005, Schwartz memimpin kampanye berskala nasional yang digelar bersama America's Second Harvest dan komunitas Muslim AS. Lewat kampanye ini, ia menggalang bantuan dari kaum Muslim AS untuk kemudian disumbangkan kepada masjid-masjid di seluruh AS.