Senin , 05 December 2016, 14:38 WIB

Doa Rasul SAW untuk Sahabat, dari Lupa Hingga Soal Hujan

Red: Nasih Nasrullah
Republika/Yogi Ardhi/ca
Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,  Rasulullah, Muhammad SAW adalah makhluk yang mulia. Karena kemuliannya tersebutlah, doa-doa yang dipanjatkan Rasul, sangat mustajab. Tak jarang, sejumlah sahabat mengadukan kondisi mereka kepada Rasulullah, lalu beliau mendoakan yang terbaik untuk para sahabatnya tersebut.

Dari sekian sahabat Rasul tersebut, ada yang mengadukan kondisi ekonomi, kesehatan, ingin diberikan ilmu yang bermanfaat, dan sejumlah khasiat lainnya. Rasul senantiasi memberikan solusi-solusi jitu yang sangat sarat nuansa transendental spiritual. 

Menurut Syekh Sayyid Muhammad bin ‘Alawi al-Maliki al-Hasani, dalam kitab Mafahim Yajib An Tushahhah, rententan kisah tentang permintaan doa kepada Rasul tersebut, dianggap tidak termasuk perbuatan menyekutukan Allah SWT. 

Permintaan doa dan pertolongan antara satu sama lainnya, dalam pandangan Syekh Muhammad, diperbolehkan. Dengan tetap meyakini bahwa, hanya Allah lah yang Mahapengabul doa dan berkuasa atas segala sesuatu. Berikut ini, di antara kisah ihwal permintaan doa dan pertolongan yang diajukan para sahabat ke Rasulullah :