Selasa, 06 Agustus 2013, 09:18 WIB

Hari Ini di 611 Nabi Muhammad Menerima Wahyu Pertama Kali

Red: M Irwan Ariefyanto
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,Nabi Muhammad SAW pertama kali diangkat menjadi Rasul, malam ini  di tahun 611 atau 17 Ramadhan. Saat itu diriwayatkan Malaikat Jibril datang dan membacakan surah pertama Alquran yang disampaikan kepada Nabi Muhammad, yaitu surah Al-Alaq.

Nabi Muhammad diperintahkan untuk membaca ayat yang telah disampaikan kepadanya, namun ia mengelak dengan mengatakan ia tak bisa membaca. Jibril mengulangi tiga kali meminta agar Nabi Muhammad membaca, tetapi jawabannya tetap sama. Jibril berkata: 'Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang Maha Pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaraan (menulis, membaca). Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.(Al-Alaq 96: 1-5)     ”

Saat itu Nabi Muhammad berusia 40 tahun 6 bulan dan 8 hari ketika ayat pertama sekaligus pengangkatannya sebagai rasul disampaikan kepadanya menurut perhitungan tahun kamariah (penanggalan berdasarkan bulan), atau 39 tahun 3 bulan 8 hari menurut perhitungan tahun syamsiah atau tahun masehi (penanggalan berdasarkan matahari). Setelah kejadian di Gua Hira tersebut, Nabi Muhammad kembali ke rumahnya, diriwayatkan ia merasakan suhu tubuhnya panas dan dingin secara bergantian akibat peristiwa yang baru saja dialaminya dan meminta istrinya agar memberinya selimut.

Sumber : Wikipedia
loading...