Wednesday, 7 Zulhijjah 1435 / 01 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pandangan Islam soal Grasi, Amnesti, dan Abolisi (3-habis)

Tuesday, 30 October 2012, 10:27 WIB
Komentar : 0
telegraph.co.uk
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dasar adanya jenis-jenis pengampunan (syafaat) dalam Islam antara lain ialah ayat Alquran surah An-Nisa' (4) ayat 85:

"Barangsiapa memberikan syafaat yang baik, niscaya ia akan memperoleh bagian (pahala) dari padanya. Dan barangsiapa yang memberikan syafaat yang buruk, niscaya ia akan memikul bagian (dosa) daripadanya. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Ayat ini mengandung arti bahwa syafaat ada di dunia dan diberikan oleh seseorang kepada orang lain yang membutuhkannya.

Oleh karena itu, secara umum Islam memandang bahwa pada dasarnya memberikan syafaat berupa bantuan, baik materiil maupun moril, atau pertolongan lainnya menurut kebutuhan orang yang meminta syafaat adalah tindakan terpuji.

Apa yang diperintahkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya, apabila datang seseorang meminta agar kebutuhannnya dipenuhi (HR. Bukhari dan Muslim), adalah dalil bahwa orang yang memberikan syafaat akan diberi pahala karena tindakan tersebut diridai oleh Allah SWT.

Walaupun demikian, tidak dapat digeneralisasi bahwa memberi pengampunan, baik grasi, amnesti, ataupun abolisi, terhadap pelaku pidana adalah hal yang terpuji (dihalalkan), sebab ketentuan boleh tidaknya memberi pengampunan dalam tindak pidana tergantung pada jenis pelanggaran pidana yang dilakukan.




Reporter : Hannan Putra
Redaktur : Chairul Akhmad
Sumber : Ensiklopedi Hukum Islam
Rasulullah saw. bersabda: Janganlah engkau berdusta mengatasnamakan aku, karena sesungguhnya orang yang berdusta atas namaku, maka ia akan masuk neraka.(HR. Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menyulap Lubang Galian Menjadi Danau
TUBAN -- Dalam melestarikan lingkungan, galian tambang yang dilakukan oleh PT Semen Gresik (Persero) Tbk dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Lubang-lubang bekas galian tersebut...