Jumat , 27 Juli 2012, 21:58 WIB

Al-Jazari, Peletak Dasar Teknik Modern (2)

Rep: Heri Ruslan/ Red: Chairul Akhmad
blogspot.com
Al-Jazari (ilustrasi).
Al-Jazari (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Sejarawan lainnya yang terpesona dengan risalah penemuan Al-Jazari adalah Lynn White. ''Jelas sudah bahwa penemua roda gigi pertama adalah Al-Jazari. Barat baru menemukannya pada tahun 1364 M,'' ungkap Lynn.

Menurut Lynn, kata gear (roda gigi) baru menjadi pembendaharaan kata atau istilah dalam desain mesin Eropa pada abad ke-16 M.

Dalam pandangan Donald Hill, tak ada satu pun dokumen yang mampu menandingi karya Al-Jazari sampai abad modern ini. Menurut dia, risalah penemuan Al-Jazari begitu kaya akan instuksi mengenai desain, pembuatan dan perakitan mesin-mesin.

''Al-Jazari tak hanya mampu memadukan teknik-teknik para pendahulunya dari Arab dan non-Arab, tapi juga dia benar-benar seorang insinyur yang kreatif,'' papar Hill yang begitu mengagumi Al-Jazari.

Ketertarikannya atas karya sang insinyur Muslim, Donald Hill pun terpacu untuk untuk menerjemahkan karya Al-Jazari pada 1974. Penerjemahan risalah Al-Jazari itu akhirnya mampu mematahkan klaim Barat atas pencapaian teknologi yang dicapainya.

Ternyata, jauh sebelum Barat menemukan teknologi yang dibanggakannya, Al-Jazari telah menemukannya. Bahkan, Barat justru banyak meniru dan mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditemukan para ilmuwan Islam.

Sebagai seorang insinyur Muslim, Al-Jazari juga tak pernah menyembunyikan pengetahuan yang dikuasai dari orang lain. Namun, tak seperti karya-karya ciptaannya yang begitu gamblang, jejak kehidupan pribadi sang insinyur tak begitu banyak dikupas.

Satu-satunya sumber yang mengupas otobiografinya ada di dalam pengantar buku yang ditulisnya. Sehingga kita tak bisa mengetahui hari dan tanggal kelahiran Al-Jazari. Dia diperkirakan lahir pada 1136 M.