Sabtu, 6 Syawwal 1435 / 02 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ragam dan Corak Arsitektur Turki Usmani (1)

Sabtu, 07 Juli 2012, 20:23 WIB
Komentar : 1
e-turkye.net
Masjid Kayalar Turki, menunjukkan karakteristik arsitektur Dinasti Usmani.
Masjid Kayalar Turki, menunjukkan karakteristik arsitektur Dinasti Usmani.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam sebuah riwayat disebutkan, ''Islam itu adalah agama yang tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya.''

Kalimat di atas menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang membawa umatnya pada peradaban yang mulia dan terhormat. Mengajak manusia dari jalan yang salah menuju jalan yang terang.

Dalam sejarahnya, Islam pernah mencapai puncak kejayaannya (the golden age of Islam). Mulai dari ilmu pengetahuan, akhlak, hingga budaya. Di mana-mana terdapat peradaban Islam.

Ketika Bani Umayyah berkuasa, Islam menunjukkan masa kegemilangannya dengan menaklukkan Andalusia (Spanyol). Begitu juga dengan Dinasti-dinasti lainnya, seperti Abbasiyah, Fatimiyah, Turki Usmani, dan Ayyubiyah. Jejak kejayaan Islam itu, hingga kini masih dapat ditelusuri. Mulai dari timur hingga barat, dari utara sampai selatan, dari Afrika hingga Eropa.

Salah satu puncak kegemilangan dan peradaban Islam di dunia itu adalah arsitekturnya. Ciri peradaban Islam memang tampak dalam seni arsitektur bangunannya. Kejayaan peradaban Islam tersebut hingga kini masih bisa kita saksikan dalam wujud bangunan, baik berupa masjid, istana, makam, madrasah (sekolah), pasar, tempat pemandian umum (hammam), maupun bangunan lainnya peninggalan masa kejayaan khilafah Islamiyah.

Salah satu kejayaan Islam di bidang arsitektur dapat dilihat pada zaman Turki Usmani (Ottoman). Pada sekitar abad ke-16 Turki Usmani telah mencapai puncak kejayaannya dengan menguasai daerah Afrika Utara, Mesir, Asia, Suriah, Mesopotamia, Asia Kecil, Tunisia, dan Aljazair, bahkan ke Eropa.

Kerajaan Turki Usmani yang berkuasa dari tahun 1300 hingga 1922 ini meninggalkan khazanah arsitektur yang kaya, mulai dari istana, benteng, masjid, hingga makam.

Pada masa ini, bangunan-bangunan yang berdiri umumnya menampilkan corak yang sedikit berbeda dari arsitektur sebelumnya. Ornamentasi yang dipakai pada bangunan-bangunan yang berdiri di wilayah kekuasaan Turki Usmani adalah lengkung segi tiga, segi tiga Turki, dan kubah segi tiga atau kerucut.

Berbagai peninggalan dan corak arsitektur Islam di zaman Dinasti Turki Usmani adalah arsitektur masjid, istana, pemandian umum, kuburan, dan tempat tinggal. Berikut ciri dan corak arsitektur tersebut.

Arsitektur masjid

Istanbul sebagai pusat pemerintahan kerajaan memiliki ratusan masjid yang bentuk arsitekturnya hampir seragam. Ciri khas masjid di Turki terletak pada kubahnya yang indah yang dikelilingi menara tinggi. Selain tipe masjid kubah, umat Islam pada zaman Usmani menampilkan tipe masjid lapangan dan masjid madrasah.







Reporter : Nidia Zuraya
Redaktur : Chairul Akhmad
Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu((QS. An Nisa 4 : 29).)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar