Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Halalan Thayyiban: Mewaspadai Khamar (1)

Selasa, 12 Juni 2012, 18:43 WIB
Komentar : 0
liquorsnob.com
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Khamar, dalam Islam, dilarang untuk dikonsumsi. Sedangkan, definisi khamar bisa berupa minuman yang memabukkan, baik dari anggur maupun yang lainnya, baik dimasak maupun tidak.

Mengutip buku Kumpulan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), selain haram dikonsumsi, khamar juga bersifat najis. Dalam buku tersebut dijelaskan, termasuk kategori khamar adalah alkohol.

Alkohol adalah istilah umum untuk senyawa organik apa pun yang memiliki gugus fungsional yang disebut gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon.

Sedangkan, minuman berakohol adalah minuman yang mengandung etanol dan senyawa lain, di antaranya metanol, asetaldehida, dan etilasetat yang dibuat secara fermentasi dengan rekayasa dari berbagai jenis bahan baku nabati yang mengandung karbohidrat atau minuman yang mengandung etanol dan atau metanol yang ditambahkan dengan sengaja.

Selain dalam minuman, penggunaan alkohol dari industri khamar diharamkan dalam industri makanan, kosmetik, dan obat-obatan.

Dalam buku fatwa tersebut juga dijelaskan, penggunaan alkohol atau etanol asil industri nonkhamar—baik merupakan hasil sintesis kimiawi (dari petrokimia) maupun hasil industri fermentasi non khamar—untuk proses produksi produk makanan, minuman, kosmetik, dan obat-obatan, hukumnya haram bila medis menyatakan membahayakan.

Menurut Pakar Halal, Dr Ir Anton Apriyantono, dalam esainya yang berjudul “Minuman Berakohol”, terdapat banyak jenis minuman memabukkan. Secara garis besar, minuman yang memabukkan dikelompokkan menjadi wine, bir, dan spirit yang terdiri atas liquordan liqueurs ( cordials). Kadar alkohol di dalamnya pun bervariasi. Ada yang mencapai lima persen hingga delapan persen, terutama pada jenis strong beer.



Reporter : Nashih Nashrullah
Redaktur : Chairul Akhmad
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu(QS.Al-Baqarah:45)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jika Diperlukan Dalam Kabinet Jokowi, Ini Sikap Muhammadiyah
JAKARTA --  Ketua Umum Muhammadiyah mengharapkan presiden Joko Widodo dan kabinetnya bisa menjalankan amanah dan tunaikan janji yang disampaikan pada kampanye lalu. Untuk siapa...