Rabu, 23 Jumadil Akhir 1435 / 23 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mukjizat Alquran: Rahasia Jantung

Kamis, 02 Februari 2012, 09:00 WIB
Komentar : 0
www.kaheel7.com
Jantung (ilustrasi).
Jantung (ilustrasi).

Oleh: Abduldaem Al-Kaheel

Akhir-akhir ini, para ilmuwan baru berbicara tentang otak yang berada dalam jantung (hati) yang terdiri dari 40.000 neuron, yaitu yang kita sebut "akal" yang terdapat di pusat jantung.

Akal inilah yang bertugas memandu otak untuk melaksanakan fungsinya. Oleh karena itu, Allah menjadikan jantung sebagai sarana untuk memahami firman-Nya.

"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada." (QS. Al-Hajj: 46).

Ayat ini menegaskan bahwa jantung (hati) itu berpikir dan sadar. Anehnya, sebagian ilmuwan akhir-akhir ini baru menemukan hubungan antara hubungan hati dengan kesadaran dan berpikir. Maha Suci Allah.




Redaktur : Chairul Akhmad
Sumber : www.kaheel7.com
Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu((QS. An Nisa 4 : 29).)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  hadis Jumat, 3 Februari 2012, 15:28
Perlu pembahasan yang rinci,
  Aldi Jumat, 3 Februari 2012, 13:36
Kurang mendalam penjelasannya, mestinya didetilkan supaya bisa jadi bahan pelajaran. Sayang kalo hanya mengejar tayang di web...
  mufti Jumat, 3 Februari 2012, 10:05
sepertinya nggak nyambung nih, hati ya hati (liver), jantung ya jantung (heart), sangat beda struktur dan fungsinya. akal nggak ada di jantung atau hati, adanya di otak (brain). Tolong jangan sepotong-sepotong kalau ingin menjelaskan masalah yg secara ilmu biologi sudah cukup maju perkembangannya.
  Umi Fajrina Jumat, 3 Februari 2012, 08:21
Nah, sementara pengertian dalam bahasa Indonesia, JANTUNG dan HATI itu sangat BEDA.

dan membaca komentar dari sdr. Abbaz pun, dalam bahasa Arab , Jantung dan Hati itu berBeda kosa katanya.
Lalu bagaimana ??
  ilmi Jumat, 3 Februari 2012, 04:10
ada sebuah hadist "dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika ia baik maka baik juga amal perbuatannya dan jika ia buruk maka buruk juga amal perbuatannya, daging itu adalah 'Qolb'..." ~ qolb di hadist ini berukuran segumpal sebanding dengan ukuran 'jantung' yaitu seukuran tangan mengepal