Kamis 21 Jan 2016 07:00 WIB

Ini Manfaat Menakjubkan dari Klorofil

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Klorofil
Foto: wikipedia
Klorofil

REPUBLIKA.CO.ID, Klorofil merupakan senyawa yang mengubah cahaya menjadi energi pada tanaman. Di samping itu, senyawa ini memberikan warna hijau pada tanaman.

Semakin hijau tanaman itu, maka semakin tinggi kandungan klorofil di dalamnya. Tapi bukan berarati pada buah-buahan tidak ada klorofil. Klorofil tetap saja ada hanya dalam kadar yang sedikit.

Penelitian telah membuktikan banyak kandungan manfaat dalam klorofil. Karena itu zat hijau daun ini sering diekstrak dan digunakan sebagai suplemen kesehatan. Berikut ini manfaat yang bisa didapat ketika mengonsumsi klorofil dilansir Megabored.

 

1. Membersihkan darah

Studi yang diterbitkan Encyclopedia of Natural Medicine menemukan klorofil cair meningkatkan kualitas sel darah merah. Bahan aktif dari klorofil cair juga bisa membersihkan darah dengan menghilangkan racun.

Kemampuan klorofil cair untuk menghasilkan lebih banyak sel darah merah dikaitkan dengan komposisi kimianya. Komposisi kimia klorofil hampir sama dengan hemoglobin.

Hemoglobin adalah molekul yang ditemukan dalam sel-sel darah merah. Hemoglobin bertugas untuk memberikan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Perbedaan klorofil yakni memiliki magnesium di dalam atom pusatnya, sedangkan hemoglobin memiliki besi.

 

2. Memiliki Antioksidan

Klorofil sarat dengan kandungan antioksidan yang dapat melindungi dari penyakit kronis. Melalui penelitian yang dipublikasi Encyclopedia of Herbal Medicine, klorofil cair bahkan bisa mengurangi risiko peradangan.

Di samping itu, klorofil cair sangat dianjurkan untuk pengidap arthritis dan amygdalitis. Kedua kondisi itu disebabkan oleh peradangan internal. Mengkonsumsi  klorofil cair juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, bahkan berita baiknya, klorofil cair bisa menunda tanda-tanda awal penuaan. Ini melindungi dari kerusakan radikal bebas dan perbaikan jaringan yang rusak.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement