Selasa , 05 Desember 2017, 15:41 WIB

Salah Tulis Ayat Alquran, Metro TV Dituntut Minta Maaf

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Dok BMH
 Prof  Dr  Muhammadiyah Amin  MAg
Prof Dr Muhammadiyah Amin MAg

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama meminta pihak Metro TV untuk mengklarifikasi sekaligus memohon maaf pada publik terkait tayangan dakwah Ustazah Nani Handayani yang salah dalam menulis ayat Alquran dalam program Syiar Kemuliaan. Pasalnya, kesalahan tulis pada ayat Alquran itu bisa mengubah maknanya.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Prof Muhammadiyah Amin mengatakan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah memerintahkannya untuk meminta konfirmasi tentang masalah itu. Kata dia, Metro TV pun telah mengakui kebenaran tayangan tersebut.

Namun, menurut dia, Metro TV tetap harus mengklarifikasi kepada publik langsung dan meminta maaf. "Karena itu, pihak Kemenag minta Metro TV untuk memberikan klarifikasi sekaligus permintaan maaf kepada publik atas kejadian tersebut," ujarnya kepada Republika.co.id, Selasa (5/12).

Saat ini, Kementerian Agama tengah menyiapkan surat kepada Metro TV terkait masalah ini. Dalam surat tersebut, Muhammadiyah juga mengingatkan kepada pihak Metro TV untuk lebih selektif lagi dalam memilih penceramah dalam acara dakwah yang ditayangkan.

"Dan mengingatkan juga kepada Metro TV untuk lebih berhati-hati dan selektif memilih narasumber," katanya.

Seperti diketahui, penulisan ayat Alquran oleh Ustazah Nani Handayani dalam acara Syiar Kemuliaan yang ditayangkan Metro TV menjadi viral di media sosial sejak Selasa (5/12) pagi. Pasalnya, dalam acara tersebut terdapat kesalahan penulisan ayat Alquran yang berbunyi, "Innash sholaata tanhaa' anil-fahsyaa'i wal-munkar". Artinya, "Sesungguhnya shalat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar".

(Baca Juga: Salah Tulis Ayat Alquran, Ini Klarifikasi Ustazah Neni H)