Senin , 30 October 2017, 09:43 WIB

Emil Dorong Santri Gunakan Teknologi dalam Berdakwah

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Republika/Edi Yusuf
Ribuan santri memenuhi halaman Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, di Alun-alun Kota Bandung, saat peringatan Hari Santri Nasional 2017 Tingkat Jawa Barat, Kamis (26/10).
Ribuan santri memenuhi halaman Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, di Alun-alun Kota Bandung, saat peringatan Hari Santri Nasional 2017 Tingkat Jawa Barat, Kamis (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil merasa bangga karena di tahun ini Kota Bandung menjadi tuan Rumah Hari Santri Nasional. Dengan berbagai kegiatan seperti saat ini Silaturahim bersama santri dan ada lagi Liga Santri Nasional di Gelora Bandung Lautan Api, intinya kota Bandung memberikan kemeriahan untuk menyambut santri santri Nasional.

Ridwan pun mendorong para santri untuk terus mengembangkan keilmuan dan berdakwah tentang Islam. Penggunaan media teknologi bisa menjadi salah satu bagian yang ampuh untuk sarana berdakwah.

"Dengan dukungan ini, santri harus mengarah kepada media digital teknologi yang merupakan tempat saran Islam yang lebih baik," kata pria yang akrab disapa Emil dalamSilaturahim dan Dzikir Bersama dalam menyambut Hari Santri Nasionaldi Universitas Islam Nusantara, seperti dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (30/10).

Menurutnya dengan teknologi digital dakwah bisa menyasar segala kalangan dengan mudah. Apalagi di zaman modern yang sebagian besar generasi tidak lepas dari teknologi. Ditambahkan Emil, sebagai santri juga harus memiliki ukhuwah Islamiyyah, Wathaniyah, Basyariah dan nahdliyah. Dengan ukuwah ini, santri santri bisa mengembangkan potensi dan menjadi santri yang bermanfaat.

Ia menuturkan kota Bandung pun sejalan dengan ukhuwah yang ada. Beberapa program kota Bandung menghadirkan seimbang baik lahir maupun batin. Seperti Magrib Mengaji, Subuh Berjamaah, Kredit Mesra dan Ayo Bayar Zakat. Hal tersebut memberikan kemudahan maupun kebermanfaatan bagi masyarakat agar lebih baik lagi dalam beribadah.

"Dengan teknologi yang ada, Pemkot Bandung pun memberikan inovasi agar masyarakat mudah melakukan baik membayar Zakat, maupun melaksanakan ibadah dengan hadirnya dakwah digital,"tutur Emil.

Ia berharap, dalam menyambut hari santri Nasional, harus relevan menghadapi tantangan. Siapa yang mendekati teknologi Insya Allah membangun bangsa ini menjadi lebih baik. "Insya Allah dengan menggunakan teknologi yang relevan, maka ilmu yang di dapat pun akan bertambah dan bermanfaat," ujarnya.

Dalam acara yang digelar Ahad (29/10) itu, Pemerintah Kota Bandung pun memberikan kemudahan untuk lahan sewa tanah kepada Universitas Islam Nusantara dengan biaya nol rupiah. Selanjutnya, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menyerahkan secara simbolis satu buah kendaraan Operasional kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Barat.