Kamis , 21 September 2017, 14:19 WIB

Pengurus Masjid Istiqlal Ingatkan Umat Islam Berhijrah

Red: Andi Nur Aminah
Republika/Ronggo Astungkoro
Suasana di Masjid Istiqlal (ilsutrasi)
Suasana di Masjid Istiqlal (ilsutrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Masjid Istiqlal mengingatkan umat Islam untuk berhijrah menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang tercela dan dilarang oleh agama dalam memperingati 1 Muharam 1439 Hijriah. "Saya mewakili pimpinan mengucapkan selamat tahun baru Islam yang berangkat dari hijrah dengan semangat awal sebagai penentuan tahun baru," ujar Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam di Jakarta, Kamis (21/9).

Pihaknya mengajak umat Islam untuk melakukan refleksi tahun sebelumnya karena semua bermuara dari diri sendiri untuk meninggalkan situasi yang selama ini dianggap nyaman padahal tidak sesuai kepentingan agama dan bangsa. Ia menuturkan hijrah Nabi Muhammad SAW tahun 622 M dari Makkah ke Madinah merupakan peristiwa penting untuk umat Islam.

Semangat dari hijrah itu diharapkan diwariskan dan dikobarkan umat muslim untuk membangun bangsa Indonesia agar lebih maju. Abu mengingatkan umat Islam mengenai revolusi mental yang digaungkan untuk mengubah zona nyaman menjadi zona penuh karya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengingatkan umat Islam untuk menjaga kerukunan dan toleransi antarumat beragama. "Kami pengurus Masjid Istiqlal menginginkan keutuhan dan kerukunan bangsa kita. Masjid Istiqlal sebagai perekat kemajemukan esensi agama nilai universal mesti kita selalu lestarikan," tutur Abu.

Ada pun kegiatan dalam menyambut 1 Muharam 1439 Hijriah di Masjid Istiqlal telah dilakukan pada Rabu (20/9). kegiatannya berupa kirab mengelilingi lingkungan masjid terbesar se-Asia Tenggara itu dan doa bersama. ***4***

Sumber : Antara