Jumat , 15 June 2012, 22:04 WIB

Jelang Ajaran Baru, Inilah Tempat yang Diserbu Warga

Red: Endah Hapsari
PT Pegadaian
PT Pegadaian

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Menjelang tahun ajaran baru 2012/2013, layanan gadai di  kantor Perum Pegadaian Cabang Cilacap mengalami lonjakan cukup tinggi. Manajer Bisnis Usaha Lain Kantor Perum Pegadaian Cabang Cilacap, Ahmad, menyebutkan menjelang tahun ajaran baru ini, jumlag warga yang memohon kredit dengan jaminan barang (sistem gadai), melonjak hingga 20 persen.

Kenaikan nilai penyaluran gadai tersebut, terjadi di hampir semua kantor Pegadaian Cabang Cilacap yang memiliki 7 unit. ''Namun yang lonjakan penyaluran kreditnya terbesar, ada di kantor unit Kroya, Adipala dan kota Cilacap. Hal ini karena penduduk usia sekolah di tiga kecamatan itu cukup tinggi,'' jelasnya, Jumat (15/6).

Menurutnya tahun ajaran baru sekolah sangat berpengaruh terhadap melonjaknya nilai gadai. Dari gadai, biasanya digunakan untuk membiayai uang masuk sekolah ke SMP dan SMA  atau ke perguruan tinggi. 

Mengenai barang yang digadaikan masyarakat, Ahmad menyebutkan,  perhiasan emas mendominasi barang yang dijaminkan di Pegadaian. ''Sekitar 90 persen jaminan yang masuk adalah emas. Lainnya, adalah surat kendaraan seperti BPKB sepeda motor hingga mobil,'' jelasnya.

Sumber : Antara