Selasa, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 Januari 2018

Selasa, 6 Jumadil Awwal 1439 / 23 Januari 2018

Betapa Gigihnya Setan Mengganggu Orang yang Shalat

Jumat 15 September 2017 21:15 WIB

Rep: A Syalabi Ichsan/ Red: Agung Sasongko

Shalat

Shalat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Abu Hurairah RA pun menyampaikan, Rasulullah SAW bersabda bahwa setan memang suka menggoda orang-orang yang shalat. "Sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda, 'Jika salah seorang dari kalian shalat, setan akan datang kepadanya untuk menggoda sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang telah ia kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud syahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam. Setelah itu baru mengucapkan salam'." (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat Imam Bukhari, Abu Hurairah mengatakan, Rasulullah SAW pernah bersabda betapa gigihnya setan mengganggu orang-orang yang shalat setelah azan selesai dikumandangkan. Meski kabur dua kali usai azan dan iqamah dikumandangkan, setan kembali untuk menggoda manusia.

"Apabila dikumandangkan azan shalat, setan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muazin telah selesai azan, ia kembali lagi. Dan jika iqamah dikumandangkan, ia berlari. Apabila selesai iqa mah, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersa ma orang yang shalat seraya berkata kepa da nya, ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat! Sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia shalat." (HR Bu khari).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES