Kamis , 10 Agustus 2017, 16:49 WIB

Rahasia Cupink Topan, Imam Gimbal, Bisa Fasih Baca Alquran

Rep: Muhyiddin/ Red: Teguh Firmansyah
Teguh Firmansyah.
Cupink Topan.
Cupink Topan.

REPUBLIKA.CO.ID,  Jangan suka melihat orang dari penampilan luarnya. Begitulah kata pepatah yang kerap didengungkan agar tidak meremehkan orang lain dari bentuk fisiknya. Karena bisa jadi orang tersebut mempunyai kemampuan yang berada di luar dugaan.

Seperti sosok seseorang yang berpenampilan brewok dan berambut gimbal ini, Sofyan Alop alias Cupink Topan (35). Orang mungkin tidak akan pernah menyangka bahwa Topan memiliki suara yang bagus dan fashih dalam melafalkan ayat-ayat suci Alquran.

Rabu (9/8) kemarin, pria yang akrab di sapa Bang Topan ini bersilaturrahim ke Kantor Republika di Warung Buncit, Jakarta Selatan. Ia sempat menjadi imam shalat di mushalla lantai tiga kantor tersebut. Setelah mengikat rambut gimbalnya ke belakang, ia pun mulai melantunkan ayat-ayat Alquran dengan suaranya yang merdu.

Meskipun berambut gimbal, penampilannya tak kalah rapih dengan umat Islam lainnya. Pria yang hobi yang berolahraga ini tampak mengenakan kemeja lengan panjang dan memakai celana jeans. Usai shalat, Topan juga sangat antusias saat beberapa karyawan yang menemuinya membicarakan tentang Alquran.

Pria kelahiran Ambon ini memang telah belajar agama sejak kecil, sehingga tak heran jika ia dapat membaca Alquran dengan baik. Meskipun lahir di Ambon, Topan dibesarkan di Ternate, Maluku Utara oleh orang tuanya yang merupakan seorang guru. Menurut dia, setiap anak kecil di kampungnya tersebut memang harus bisa membaca Alquran.

 “Awal belajar agama memang dari dasarnya kita kalau di daerah itu dari kecil udah diajarkan pertama harus bisa belajar membaca Alquran. Kalau kita gak bisa baca Alquran, itu kita diajarkan keras untuk minimal kita dipukul,” ujar Topan saat berbincang dengan Republika.co.id.

Ia menceritakan, saat kecil ia pernah tidak datang untuk mengaji kepada neneknya. Ia pun akhirnya dimarahi oleh orang tuanya habis-habisan. Selain harus bisa  belajar mengaji, kata dia, dirinya juga dituntut untuk menghafal Alquran walaupun hanya beberapa ayat Alquran.