Kamis , 27 July 2017, 17:34 WIB

HNW Imbau Khatib Jumat Besok Serukan Kemerdekaan Palestina

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Ilham Tirta
Palestina menanti kemerdekaan
Palestina menanti kemerdekaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR-RI, Hidayat Nur Wahid (HNW), mengimbau kepada Khatib shalat Jumat besok untuk menyerukan kemerdekaan Palestina dalam khutbahnya. Hidayat mengatakan, hal tersebut guna terus menjaga semangat dukungan untuk Palestina yang berjuang melawan tentara Israel di Yerusalem.

"Saya menyerukan para khatib besok hari Jumat untuk khutbah untuk menyelamatkan Masjidil Aqsha ya. Jangan sampai kita berhenti di tingkat Israel menarik metal detektor dan CCTV. Kalau kita lengah, Israel bisa berulah lagi," ujar dia di Jakarta, Kamis (27/7).

Hidayat menambahkan, khutbah tentang kemerdekaan Palestina besok sangat penting untuk disuarakan. Pembelaan untuk pembebasan Al-Aqsa dan rakyat Palestina dan cengkraman tentara-tentara Israel harus terus dilakukan sampai Israel benar-benar tidak mengusik warga Palestina dan Masjid Al-Aqsha.

"Sangat penting para khatib besok bisa menyuarakan pembelaan pada Masjidil Aqsha dan mengumpulkan dana untuk Masjidil Aqsha," kata dia.

Hidayat juga menyarankan agar lembaga Internasional tidak ragu untuk memberikan hukuman pada Israel. PBB, UNESCO, OKI, kata dia, harus menyuarakan lebih keras lagi realisasi atau mengawasi lebih kuat lagi resolusi yang sudah dibuat.

"Masyarakat Al Quds, Palestina di kota Yerusalem berhasil memaksa Yahudi, bukan hanya untuk membuka Masjidil Aqsha kembali. Saya pikir warga Palestina adalah warga pejuang," kata dia mengakhiri.