Kamis , 13 July 2017, 19:52 WIB

Potensi Indonesia Jadi Eksportir Halal Dunia Dinilai Sangat Besar

Rep: MUHYIDDIN ./ Red: Agung Sasongko
Republika/Prayogi
Produk dengan label halal terpajang di salah satu supermarket di Jakarta. ilustrasi (Republika/Prayogi).
Produk dengan label halal terpajang di salah satu supermarket di Jakarta. ilustrasi (Republika/Prayogi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Halal sekaligus Pendiri Halal Corner, Aisha Maharani mengatakan bahwa potensi dan prluang Indonesia untuk menjadi eksportir halal dunia sangat besar. Apalagi, menurut dia, Indonesia memiliki banyak berbagai macam produk yang rasanya juga tidak kalah dengan negara-negara lainnya.

"Sangat besar potensi Indonesia (jadi eksportir halal dunia), dari keberagaman produknya. Trus juga //taste//-nya juga tidak kalah ya, asalkan didukung dengan packing yang bagus," ujar Aisha saat dihubungi //HYPERLINK "http://Republika.co.id//"Republika.co.id//, Kamis (13/7).

Selain itu, menurut Aisya, kualitas produk-produk halal di Indonesia juga tidak kalah bagus, termasuk dari segi pemasarannya. Asalkan, kata dia, semua itu bisa ditunjang dengan regulasi pemerintah, sehingga bisa lebih mudah untuk mengekspor produk-produk halal Indonesia. "Kalau memang pemerintah bisa memudahkan untuk ekspor, ya itu akan jauh lebih mudah ya," ucapnya.

Namun, menurut dia, saat ini yang menjadi masalah adalag masih adanya pro kontra atau perdebatan terkait regulasi, sehingga Indonesia masih tersendat untuk menjadi eksportir halal dunia.

"Cuma masalah yang sekarnag terjadi adalah undang-undang ini kan masih ada perdebatan. Undang-undang jaminan produk halal (JPH) itu masih ada pro kontra," kata Aisha.