Turki Menjadi Favorit Traveler Indonesia
Selasa , 10 October 2017, 13:32 WIB

imageshack.us
Istana Topkapi di Istanbul, Turki.

IHRAM.CO.ID, SURABAYA — Minat orang Indonesia ternyata sangat besar berkunjung ke Turki. Bahkan, kini bisa dikatakan Turki menjadi destinasi favorit baru. Bahkan, tampaknya paket kunjung Turki yang digabung dengan Eropa - Balkan akan menarik banyak orang.

“Sebagai negara Muslim terbesar, kini masyarakat Indonesia telah menjadikan Turki menjadi favorit kunjungan wisata ke luar negeri. Paket ini makin menarik karena banyak travel Indonesia yang mengggabungkan paket umrah dengan kunjungan ke Turki,’’ kata Suleman Ergin, salah satu biro travel asal Turki Co-Founder Greyfurt Tour, di sela acara Himpuh International Travel Mart, di Surabaya, (10/10).

Menurut Erdin, setiap hari ratusan 'traveler' atau pelancong asal Indonesia berkunjung ke Turki. Mereka pun semakin mudah berkunjung ke negara itu setelah ada penerbangan langsung setiap hari dari Jakarta ke Istanbul dengan pesawat berbadan lebar Air Bus 330.

"Bahkan untuk saat ini, masih ada sekitar 2000 orang Indonesia yang tengah berwisata di Turki. Sedangkan, mereka yang sudah mengambil paket Turki-Balkan sudah ada 1.500 orang. Khusus untuk travel kami 80 persen peserta turnya adalah orang dari Indonesia,’’ ujar Erdin.

Pada hari puncak kunjungan yang terjadi pada bulan Desember dan April, saat itu diperkirakan setidaknya ada ribuan orang yang datang ke Turki.

"Desember menjadi masa puncak wisata karena saat itu orang Indonesia dan negara lain banyak yang liburan. Sedangkan, untuk puncak liburan di bulan April karena saat itu di Turki dan Balkan mulai datang musim semi di mana udara enak dan bunga-bunga mulai bermekaran,’’ ujar Suleman.

Berangkat dari data yang ada, lanjut Suleman, ada beberapa tempat yang menjadi favorit para pelancong asal Indonesia. Tempat itu adalah kota Istanbul dengan tujuan Istana Topkapi, Masjid Biru, Haga Sophia, Bazar, dan jembatan di selat Bhosporus.

Selain itu para pelancong Indonesia sangat tertarik berkunjung ke Cappadocia untuk naik balon udara.’’Jangan lupa juga banyak orang Indonesia yang ingin ke Bursa, terutama di musim dingin. Ini karena mereka ingin merasakan salju,’’ kata Suleman.

Sedangkan mengenai paket harga tour Turki, Suleman mengatakan tidak terlalu mahal. Untuk Paket Turki selama 7 hari, harganya sekitar 1.300 dolar AS. Sedangkan untuk Turki dan Balkan selama 15 hari harganya dipatok 1.900 dolar AS. Dan untuk paket Turki- Eropa selama 13 hrgabya harganya dipatok minimal 2.000 dolar AS.

‘’Paket Turki Eropa, terutama Eropa Barat, memang mahal. Minimal lebih dari 2.000 dolar AS,’’ kata Suleman.




Redaktur : Muhammad Subarkah
BERITA TERKAIT