Monday, 7 Sya'ban 1439 / 23 April 2018

Monday, 7 Sya'ban 1439 / 23 April 2018

Sejarah Hari Ini: Serbia dan Yunani Nyatakan Perang Terhadap Utsmani

Selasa 17 October 2017 14:32 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Era Dinasti Ottoman.

Era Dinasti Ottoman.

Foto: Aksitarih.com

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini pada 1912 Serbia dan Yunani menyatakan perang terhadap Kekaisaran Ottoman atau juga kerap disebut Kesultanan Utsmani. Pernyataan ini memicu terjadinya Perang Balkan I.

Pada musim semi 1912, Rusia telah mendorong kelompok negara Balkan, antara lain Serbia, Bulgaria, Montenegro, dan Yunani, untuk membentuk sebuah aliansi yang bertujuan mengendalikan sebagian atau seluruh wilayah Eropa yang masih dikuasai Kekaisaran Ottoman.

Pada 8 Oktober Montenegro mengumumkan perang terlebih dulu terhadap Ottoman. Sembilan hari kemudian, Serbia, Yunani, dan Bulgaria menyusul. Hasil dari Perang Balkan I mengejutkan banyak pihak. Karena pasukan gabungan negara Balkan dengan telak menghabisi tentara Ottoman, yang kala itu merekrut orang-orang Turki dari hampir seluruh negara Eropa.

Pada Desember 1912, pihak-pihak yang terlibat Perang Balkan I menghadiri sebuah kongres di London, Inggris, untuk membahas pascaperang dan batas-batas Balkan.

Kesepakatan yang dihasilkan memisahkan Makedonia di antara kekuatan empat negara Balkan yang berhasil memenangkan perang melawan Ottoman. Namun Bulgaria tak menerima pembagian tersebut karena merasa teritorialnya dicaplok Yunani dan Serbia. Hal ini menjadi faktor utama pecahnya Perang Balkan II pada 1913.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: DPD RI Gelar Sidang Paripurna

Senin , 23 April 2018, 16:19 WIB