Ahad , 20 November 2016, 12:29 WIB

Menag dan Ribuan Guru Ikuti Gerak Jalan

Red: Agus Yulianto
ROL/Fian Firatmaja
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama bersama ribuan guru sekolah dan madrasah bergerak bersama dalam Lomba Gerak Jalan Sehat di Silang Monas. Perlombaan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2016 dan HUT PGRI ke - 71. 

Gerak Jalan Sehat ini juga diikuti Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan, Kepala Biro Umum Syafrizal, serta Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Mastuki. Hadir juga Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna S, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Agus Suardika dan Ketua Umum PGRI Yunifah. 

Lomba Gerak Jalan dilepas oleh Menag Lukman. Mengawali sambutanya, Menag mengingatkan bahwa bahwa guru adalah pahlawan yang sangat berjasa dalam kehidupan setiap orang, setelah kedua orang tua. Karenanya, Menag mengajak peserta lomba untuk mengheningkan cipta guna mendoakan para pahlawan tanpa tanda jasa.

"Guru adalah profesi, jabatan sekaligus predikat yang mulia. Karena merekalah lahir karya-karya yang baik yang meningkatkan kualitas kehidupan kita. Karenanya, banggalah menjadi guru," pekik Menag disambut riuh semangat para guru yang memadati silang monas, Minggu (20/11).

Secara berulang, Menag lalu meneriakkan kata 'Aku Bangga' yang kemudian djawab 'jadi guru' oleh para peserta. Pekik yel ini menggema menambah semangat dan menghangatkan suasana gerak jalan di pagi hari yang cerah.

Selain menyehatkan, Menag berharap gerak jalan ini mempererat dan memperkuat tali persaudaraan guru. Rute gerak jalan dimulai dari Lapangan Silang Monas menuju Bundaran HI kemudian kembali lagi ke Silang Monas.

Panitia Lomba Gerak Jalan Sehat Bahruddin mengatakan, gerak jalan diikuti 15.000 guru, baik sekolah maupun madrasah, dari tingkat PAUD sampai tingkat SMU/SMK. Selain itu, gerak jalan juga diikuti organisasi guru antara lain: PGMI (Persatuan Guru Madrasah Indonesia), FGM (Forum Guru Muhammadiyah), IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia), IGI (Ikatan Guru Indonesia), dan HIMPAUDNI.

Menurut Ketua Umum PGRI Unifah, gerak jalan juga dilakukan di seluruh Indonesia sebagai acara peringatan Hari Guru dan HUT PGRI. Gerak jalan ini kali mengambil tema 'Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dan Bersama Mendukung Persatuan dan Kesatuan. Mari Kita Sehatkan Jakarta'

Acara gerak jalan sehat ini merupakan bagian dari acara puncak HUT PGRI dan Hari Guru Nasional yang akan dilaksanakan pada 27 November di Sentul. 

 

Sumber : Kemenag.go.id