Jumat , 26 Juni 2015, 09:31 WIB

Kagum, Pemuda Hindu Ini Tulis Biografi Rasulullah

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari
onislam
Buku Biogragi Rasulullah karya Rajeev Sharma
Buku Biogragi Rasulullah karya Rajeev Sharma

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Terinspirasi oleh ide-ide dan kehidupan Nabi Muhammad, seorang pria Hindu memutuskan untuk menulis biografi Nabi Muhammad SAW dalam bahasa Marwari, bahasa daerah di wilayah Shekhawati Rajasthan, India.

"Ketika saya masih kecil, guru-guru kami menyuruh untuk membaca buku-buku ini sebagai bagian dari tugas sekolah. Sejak hari itu, saya menghabiskan banyak waktu membaca. Saya membaca biografi Muhammad dan berpikir bahwa saya harus menuliskan pribadi yang menakjubkan ini," kata Rajeev Sharma, dilansir onislam.net, Jumat (26/6).

Sharma lahir pada tahun 1987 di Kolasiya, sebuah desa di Jhunjhunu Rajasthan. Dia mulai membuat perpustakaan sendiri di desanya saat ia berada di kelas IX.

Ia mendapat kesempatan untuk membaca biografi Nabi Muhammad, yang ide-ide dan kehidupannya membawa dampak besar pada Sharma. Ia kemudian memutuskan untuk menerjemahkannya dalam bahasa Marwari.

Sharma menyatakan tidak menganggap agama sebagai masalah besar di sana. Jika kita berpikir tentang masa lalu kita, semua agama bersanding dengan sangat harmonis. Menurutnya, baru belakangan ini tingkat intoleransi meningkat.

Sharma mengklaim bukunya, Paigambar Ro Paigam, merupakan biografi pertama tentang kehidupan Nabi Muhammad dalam bahasa Marwari. Biografi setebal 112 halaman ini tersedia di Ganv Ka Gurukul, sebuah versi elektronik dari perpustakaan yang dia dirikan di Kosiya.

Kutu buku satu ini belajar naturopati (salah satu metode pengobatan alternatif) di kota dan mulai menjual herbal untuk mendapatkan uang guna menjalankan versi terbaru dari perpustakaannya.

Setelah menerjemahkan biografi Nabi, Sharma mengaku menyimpan ketertarikan yang sama pada Alquran. Ia juga berencana untuk menerjemahkannya dalam Marwari.

"Paigambar Ro Paigam mendapat apresiasi banyak orang. Saya telah menerima beberapa ribu hits di website saya untuk ini. Orang-orang dari berbagai negara di dunia telah mengunduhnya," kata Sharma.