Selasa , 04 March 2014, 04:47 WIB

PT Sepatu Bata Rutinkan Kajian Tahsin Alquran

Red: Damanhuri Zuhri
Republika/Edi Yusuf
Workshop Pemahaman Alquran
Workshop Pemahaman Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Hannan Putra

Kajian tahsin dengan metode Bilqis.

Umat Islam tak bisa jauh dari Alquran sebagai pedoman hidupnya. Namun, bagaimana akan memahami dan mengamalkannya jika membacanya saja belum tepat dan benar sesuai kaidah yang ada.

Hal itulah yang mendorong PT Sepatu Bata Tbk menggelar kegiatan tahsin Alquran bagi para karyawannya. Diharapkan seluruh karyawan perusahaan tersebut memiliki kemampuan membaca Alquran yang benar sesuai dengan tajwid dan kaidahnya.

Koordinator penyelenggara Muhammad Arief mengatakan, metode tahsin yang dipilih adalah metode Bilqis yang diperkenalkan Ustaz Abdul Raziq. Kegiatan tersebut diikuti beberapa karyawan yang difasilitasi DKM Al Huda PT Sepatu Bata bekerja sama dengan Bilqis Center.

Menurut Arief, metode membaca Alquran yang diperkenalkan Bilqis Center merupakan sebuah revolusi baru dalam dunia pembelajaran membaca Alquran. “Memang metodenya sangat mudah. Saya rasakan memang mudah dipahami dan mudah diterapkan, terus menyenangkan,” ujar Arief.

Bagi jamaah kemudahan lainnya dari metode ini, yaitubisa mengikuti membaca Alquran dengan gaya murattal. “Itu yang paling asyik.” Arief menambahkan, kajian tahsin Alquran tersebut akan diselenggarakan secara rutin bagi karyawan.

Tidak ada paksaan bagi karyawan untuk mengikuti tahsin, namun perusahaan sangat menyarankan. Saat ini, sudah ada sekitar 20 karyawan yang rutin mengikuti kajian tersebut.

Tahsin Alquran dilakukan untuk karyawan setiap Jumat. Harapannya di tengah kesibukan dalam bekerja, karyawan PT Sepatu Bata tak luput membekali diri dengan peningkatan kapasitas ruhiyah.

Metode Bilqis (Bimbingan Ilmu Alquran Intensif) saat ini sudah cukup dikenal di dunia pembelajaran Alquran. Metode tersebut dianggap bisa dengan mudah dipahami dan membantu pelajarnya bisa membaca Alquran dengan tepat dalam waktu yang relatif singkat.

“Metode ini didesain sedemikian rupa sehingga lebih menyenangkan, mudah, dan sistematis,” ujar Ustaz Abdul Roziq saat memberikan pelatihan Bilqis di Kantor Bata Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (21/2).

Metode Bilqis diperkenalkan Rozaq sejak tahun 2008 silam. Hingga saat ini, ia terus memublikasi dan mengadakan pelatihan di berbagai tempat. Beberapa sekolah pun secara intensif sudah memakai metodenya.

“Yang ikut dari anak-anak, karyawan swasta, dan umum. Sampai sekarang sudah tak terhitung lagi, mungkin sudah puluhan ribu yang ikut,” kata Roziq.

Ia mengatakan, dalam Alquran sendiri dikatakan bahwa mempelajari Alquran sudah dijamin kemudahannya oleh Allah. Sebagaimana Firman-Nya, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran. Maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS al-Qamar [54]: 17, 22, 32, 40)

Sebagaimana misinya, metode Bilqis memandu mereka yang ingin belajar membaca Alquran secara Intensif dengan target semua umur. Mereka diharapkan bisa membaca Alquran dalam tempo yang secepat-cepatnya.

Dengan adanya metodologi Bilqis, Roziq mengharapkan bisa mencetak qori-qori’ah yang fasih dalam membaca Alquran dan cakap berbahasa Arab baik lisan maupun tulisan.

Saat ini, Bilqis Center berkantor di Jalan Komplek Masjid Taman Rempoa Indah, Delima Jaya 1, Rempoa, Tangerang.

Menurut Rozaq, mereka yang mencoba metode ini bisa dalam satu minggu sudah bisa membaca. “Paling cepat itu satu minggu. Paling lambat, ada yang sampai tiga bulan,” ujarnya.