Kamis, 27 Ramadhan 1435 / 24 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Teladani Nilai-nilai Perjuangan Rasulullah SAW

Kamis, 24 Januari 2013, 06:03 WIB
Komentar : 2
smileyandwest.ning.com
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  AMBON -- Ketua Panitia Hari Hari Besar Islam (PHBI) Maluku, Husein Toisuta mengatakan, Maulud Nabi Muhammad SAW 1434 H memiliki tujuan memperingati dan memaknai serta meneladani perjuangannya yang membawa rahmat bagi semua orang.

"Makna dari Maulud Nabi Muhammad SAW untuk meneladani nilai-nilai perjuangan beliau dalam nuansa kehidupan kebersamaan yang membawa rahmat kepada semua orang," kata Husein Toisuta, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW, khusus di Kota Ambon, tidak dipusatkan di satu lokasi tetapi di berbagai tempat termasuk masjid, gedung dan lapangan, dan dilaksanakan dengan tradisi masing masing.

"Di Kota Ambon kita serahkan kepada masjid-masjid untuk menyelenggarakannya," katanya.

Menurut dia, biasanya menjelang Maulud Nabi Muhammad SAW umat Islam sibuk mempersiapkan diri dan pada puncaknya membaca Sunah Rasul dengan mengumandangkan kalimat - kalimat ilahi.

"Dalam Alquran disebutkan bahwa kedatangan Nabi Muhammad SAW untuk membawa rahmat bagi seluruh umat. Jadi sekarang kita meneladani dengan sikap moral yang baik untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara," ujar Husein Toisuta.

Sehubungan dengan itu, umat Islam di Maluku diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan serta berbagi kasih kepada sesama yang kurang mampu.

"Mari kita pupuk persatuan dan kerukunan antara umat beragama untuk kedamaian di negeri ini, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar dan aman baik di Kota Ambon maupun Provinsi Maluku pada umumnya," katanya.

Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : Antara
Rasulullah SAW melaknat tukang pemberi suap, menerima suap, dan menjadi perantara diantaranya(HR Tirmidzi)
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Buka Puasa Bersama Obama Diwarnai Seruan Boikot
WASHINGTON -- Acara buka puasa tahunan di Gedung Putih diwarnai seruan boikot, sebagai bentuk protes kebijakan pemerintahan Obama terhadap konflik di Gaza. Selengkapnya...