Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kuota Haji Tambahan Diprioritaskan untuk Jamaah Lanjut Usia

Senin, 28 Mei 2012, 15:59 WIB
Komentar : 0
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Jamaah haji lansia (ilustrasi). Foto: Antara/M Risyal Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Kementerian Agama akan memprioritaskan kuota haji tambahan unuk calon jamaah haji lanjut usia. Kabarnya, Kerajaan Arab Saudi tahun ini akan memberikan kuota tambahan sebanyak 10.000.

''Jika kita mendapat tambahan porsi haji tersebut, maka kita akan memprioritas sebanyak-banyaknya untuk memberangkatkan jemah usia lanjut,” jelas Menteri Agama Suryadharma Ali, Senin (28/5).

“Saat ini, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sedang melakukan pengkajian mendalam, tentang batas jemaah usia lanjut pada usia berapa yang akan diprioritaskan,” ujar Menteri Agama .

Klasifikasinya, jamaah berusia di atas 80 tahun yang akan diprioritaskan berangkat. Karena jika jamaah usia tersebut menunggu lima tahun sampai delapan tahun, ketidakpastiannya tinggi sekali.

Menag menambahkan bahwa pihaknya saat ini tengah mengupayakan efisiensi kuota jamaah haji tahun 2012. Salah satu caranya dengan memisahkan kuota tim petugas haji daerah (TPHD).

“Selama ini kuota bagi petugas haji berjumlah 3.250 orang. Saya meminta agar kuota petugas dipisahkan dari kuota jemaah haji,” ungkapnya.

Melalui efisiensi ini diharapkan ada kursi tambahan yang bisa dialokasikan untuk jamaah lanjut usia. TPHD, kata Menag, menggunakan porsi yang sama dengan jamaah haji, bukan porsi petugas.



Reporter : indah wulandari
Redaktur : Taufik Rachman
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka."((Hujuraat 49:11) )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jika Diperlukan Dalam Kabinet Jokowi, Ini Sikap Muhammadiyah
JAKARTA --  Ketua Umum Muhammadiyah mengharapkan presiden Joko Widodo dan kabinetnya bisa menjalankan amanah dan tunaikan janji yang disampaikan pada kampanye lalu. Untuk siapa...