Kamis, 29 Zulhijjah 1435 / 23 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Media Islam se-Dunia

Minggu, 11 Desember 2011, 17:24 WIB
Komentar : 1

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Wakil presiden RI, Boediono, dipastikan membuka penyelenggaraan Konferensi Media Islam Internasional pada Senin (12/12) malam di Hotel Sultan, Jakarta. Konferensi ini akan dihadiri oleh 400 peserta, 130 peserta di antaranya berasal dari luar negeri. 

Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat, menjelaskan negara peserta yang akan mengikuti konferensi ini akan datang dari 39 negara. Sejauh ini, para peserta dari luar negeri yang berjumlah sekitar 130 orang sudah tiba di Jakarta. ''Selain itu persiapannya juga sudah hampir selesai semua,'' kata Bahrul. 

Bahrul menjelaskan, konferensi ini merupakan hasil kerjasama Indonesia dengan Rabithah Alam Islami (Liga Dunia Islam). Konferensi ini merupakan gelaran kedua setelah kali terakhir digelar pada 1980.

 Ia menambahkan, konferensi ini memiliki peran sangat strategis bagi pemberitaan Islam di dunia. Ia mengharapkan konferensi ini bisa menghapus streotip negatif yang selama ini diberitakan oleh media asing terkait dengan Islam di dunia.

''Kita juga berkepentingan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sebagai penduduk Islam terbesar di dunia, memiliki perilaku yang demokratis dan moderat,'' kata Bahrul.

Bahrul juga menegaskan, kegiatan yang akan digelar hingga Kamis (15/12) mendatang, diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan praktisi media di berbagai negara Islam di dunia. 

Apakah akan ada agenda bersifat politik yang akan dilahirkan dari konferensi ini? Bahrul menegaskan,''Konferensi ini tidak ada sama sekali berniat untuk dijadikan wadah politik. Tetapi kami ingin menjadikan konferensi ini sebagai wadah memperkuat ukhuwah di antara media-media di negara Islam.''

Sebelumnya pada konferensi pertama yang juga digelar di Jakarta, sempat terlahir kesepakatan politis, di antaranya melakukan desakan terhadap negara-negara Islam agar peduli pada persoalan Palestina.  

Konferensi ini akan menghadirkan 20 pembicara utama dari berbagai negara. Dari Indonesia akan tampil seperti Prof Dr Azyumardi Azra MA, Prof Dr Komaruddin Hidayat, pakar komunikasi Prof Dr Alwi Dahlan dan Parni Hadi.n mohammad akbar

Reporter : M Akbar
Redaktur : Stevy Maradona
Tidak ada pezina yang di saat berzina dalam keadaan beriman. Tidak ada pencuri ketika mencuri dalam keadaan beriman. Begitu pula tidak ada peminum arak di saat meminum dalam keadaan beriman.(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Zulkifli Hasan: Halal Itu Budaya Indonesia
JAKARTA -- Predikat negara dengan penduduk mayoritas Islam terbesar di dunia, membuat produk halal menjadi sesuatu yang penting di Indonesia. Bahkan Ketua MPR...