Selasa, 12 Syawwal 1436 / 28 Juli 2015
find us on : 
  Login |  Register

MUI Imbau Awal Ramadhan Ikut Pemerintah

Jumat, 15 Juli 2011, 19:02 WIB
Komentar : 1
Antara
Ma'ruf Amin
Ma'ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat agar menunggu hasil keputusan sidang itsbat dalam penetapan awal Ramadhan 1432 H oleh pemerintah. Imbauan ini disampaikan oleh Ketua MUI Ma'ruf Amin. "Keputusan kapan Ramadhan dimulai menunggu itsbat pemerintah," katanya saat dihubungi Republika di Jakarta, Jumat (15/7)

Ma'ruf menjelaskan, berdasarkan fatwa MUI yang dikeluarkan 2003, hak penetapan awal Ramadhan dan Syawwal berada di pemerintah. Dalam proses penetapannya tersebut metode yang digunakan adalah gabungan dari metode hisab dan rukyat bil fi'li.

Hasil kesimpulan hisab akan diperkuat dengan penglihatan mata telanjang. Berdasarkan fatwa tersebut, keputusan yang diambil pemerintah harus diikut. Pasalnya, kebijakan dan amar pemerintah bersifat mengikat ilzam.

Namun demikian, kata Ma'ruf, jika terdapat perbedaan pendapat menyangkut penetapan awal Ramadhan dan Syawwal, MUI mempersilahkan. Dalam konteks ijithad, perbedaan adalah keniscayaan. Selama pendapat yang dianut tersebut mempunyai dasar dan dalil yang kuat. Terkait perbedaan itu, masyarakat diminta saling menghormati dan tidak menjadikannya benih perpecahan. "Sekalipun kita menghendaki kebersamaan (memulakan puasa)," katanya.

Reporter : Nashih Nasrullah
Redaktur : Johar Arif
Celaka bagi orang yang bercerita kepada satu kaum tentang kisah bohong dengan maksud agar mereka tertawa. Celakalah dia...celaka dia. ((HR. Abu Dawud dan Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Keren, Ini Jaket Multifungsi untuk Travelling
JAKARTA -- Melakukan sebuah travelling atau perjalanan biasanya membawa banyak perlengkapan pribadi. Sehingga tak ayal membutuhkan tas kecil. Guna memenuhi itu, produsen busana BauBax...