Sabtu, 1 Muharram 1436 / 25 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Dalam Islam, Memberi ASI bagi Buah Hatinya adalah Tuntunan Agama

Selasa, 15 Maret 2011, 11:55 WIB
Komentar : 0
Air Susu Ibu (ASI)
Air Susu Ibu (ASI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Air susu ibu besar manfaatnya bagi bayi. jauh sebelum ilmu pengetahuan dan teknologi membongkarnya, Islam lebih dulu mengupasnya.

Adalah Albaqarah ayat 233 yang "mewajibkan" kaum ibu menyusui anaknya, paling tidak untuk dua tahun. "Bagi Muslimah, ini adalah sebuah kewajiban, karena diatur dalam Alquran," kata Siti Noordjanah Djohantini, ketua umum Aisyiyah.

Dalam ayat tersebut dijelaskan hendaklah ibu menyusui anaknya dua tahun penuh bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Di sisi lain, kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka. "Artinya, sudah ada tanggungjawab masing-masing. Saat perempuan menyusui, maka ayah bertanggungjawab dalam memenuhi nafkah dan pakaiannya," tambahnya.

Ayat ini mengandung makna yang luar biasa, kata Siti Noordjanah. Dan ternyata secara keilmuan bahwa ASI (Air Susu Ibu) itu memang luar biasa manfaatnya. "Itu sebuah nilai yang perlu disampaikan dan disosialisasikan."

Tantangannya, katanya, selama ini yang sering menjadi masalah adalah apabila si ibu itu bekerja. Buat perempuan yang bekerja, masa cutinya hanya dua bulan atau tiga bulan. kendala lainnya, adalah kendala fisik dari perempuan, yang membuatnya kesulitan memberikan ASI. "Ini problem yang harus kita pecahkan bersama," ujarnya.

Reporter : Damanhuri Zuhri
Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Era Konversi Digital Ancam 'Layar Tancap'
ILLINOIS -- Pada akhir 2013 mayoritas studio film AS telah berhenti mendistribusikan film seluloid dalam format 35 milimeter, membuat berbagai bioskop independen semakin...