Jumat, 18 Jumadil Akhir 1435 / 18 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Dalam Islam, Memberi ASI bagi Buah Hatinya adalah Tuntunan Agama

Selasa, 15 Maret 2011, 11:55 WIB
Komentar : 0
Air Susu Ibu (ASI)
Air Susu Ibu (ASI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Air susu ibu besar manfaatnya bagi bayi. jauh sebelum ilmu pengetahuan dan teknologi membongkarnya, Islam lebih dulu mengupasnya.

Adalah Albaqarah ayat 233 yang "mewajibkan" kaum ibu menyusui anaknya, paling tidak untuk dua tahun. "Bagi Muslimah, ini adalah sebuah kewajiban, karena diatur dalam Alquran," kata Siti Noordjanah Djohantini, ketua umum Aisyiyah.

Dalam ayat tersebut dijelaskan hendaklah ibu menyusui anaknya dua tahun penuh bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Di sisi lain, kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka. "Artinya, sudah ada tanggungjawab masing-masing. Saat perempuan menyusui, maka ayah bertanggungjawab dalam memenuhi nafkah dan pakaiannya," tambahnya.

Ayat ini mengandung makna yang luar biasa, kata Siti Noordjanah. Dan ternyata secara keilmuan bahwa ASI (Air Susu Ibu) itu memang luar biasa manfaatnya. "Itu sebuah nilai yang perlu disampaikan dan disosialisasikan."

Tantangannya, katanya, selama ini yang sering menjadi masalah adalah apabila si ibu itu bekerja. Buat perempuan yang bekerja, masa cutinya hanya dua bulan atau tiga bulan. kendala lainnya, adalah kendala fisik dari perempuan, yang membuatnya kesulitan memberikan ASI. "Ini problem yang harus kita pecahkan bersama," ujarnya.

Reporter : Damanhuri Zuhri
Redaktur : Siwi Tri Puji B
Dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafaat dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong. (QS.Al-Baqarah [2]:48)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  hans Selasa, 22 Maret 2011, 09:35
kelebihan islam yg tak ada pada agama lain

  VIDEO TERBARU
Mahathir Kunjungi Mega, Mahathir: Mega Sahabat Lama Saya
JAKARTA -- Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mengunjungi kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar Nomor 27A, Menteng, Jakarta Pusat (14/4). Berikut video...